Mr X Tewas Misterius, Tubuh Hancur Sampai Sulit Diautopsi

Evakuasi mayat tanpa identitas di Ngargoyoso. (Foto:Abdul Alim)
Evakuasi mayat tanpa identitas di Ngargoyoso. (Foto:Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Seorang pria ditemukan tak bernyawa di area perkebunan Dukuh Singget Rt 01/Rw X Desa Kemuning, Ngargoyoso, Minggu (20/1) siang. Autopsi sulit dilakukan karena tubuhnya telah membusuk.

Kapolsek Ngargoyoso AKP Aipin Sunu Setyohadi mengatakan jasad membusuk ditemukan kali pertama oleh warga Dukuh Sawahbero Rt 02/Rw X, Parjono (40). Awalnya, ia berniat merumput serta mencari tonggak kayu yang akan diukirnya menjadi aksesori rumah. Saat menyisir ladang, ia mendapati tubuh seorang pria membusuk dan dikerumuni lalat.

“Saksi lalu memberitahu perangkat desa setempat, Sugino (50). Mayat tersebut dalam kondisi tak bercelana. Letaknya di sawah. Saksi mengatakan hal itu sampai laporan masuk ke polsek. Kami segera meluncur ke lokasi. Ternyata memang benar. Mayat itu sudah membusuk,” kata Kapolsek.

Bersama dokter Puskesmas Ngargoyoso, tim berniat mengautopsi luar untuk mengetahui penyebab kematian korban. Namun hal itu sulit dilakukan. Sebab, tubuhnya yang membusuk, menyulitkan pemeriksaan lebih lanjut.

“Enggak tahu dia itu siapa. Tidak ditemukan data diri. Kemudia setelah dilakukan autopsi luar, langsung dievakuasi relawan BPBD dan diserahkan pengurusan jenazahnya ke warga sekitar,” katanya.

Berdasarkan pengakuan saksi, ia pernah membantu seorang lelaki sekitar usia 60 tahun. Dari perangainya, lelaki itu kurang waras. Saksi mengizinkannya bermalam dan diberi makan. Keesokan harinya, ia menyuruhnya pergi dari lingkungan Dukuh Sawahbero.

“Dari ciri-ciri mayat, mirip dengan lelaki kurang waras yang sempat ditolong saksi. Kemungkinan, orang yang sama,” katanya.

Korban akhirnya dimakamkan di kuburan umum Dukuh Singget, Desa Kemuning, Ngargoyoso. (Lim)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Rumah Tertimpa Pohon, Seorang Terluka

PATUK (MERAPI) – Pasca hujan deras yang mengguyur Kecamatan Patuk, Gunungkidul menyebabkan dua pohon mahoni berukuran cukup besar tumbang dan

Close