RAPER KILL THE DJ LAPORKAN AKUN MEDSOS-Geram Gara-gara Lagu ‘Jogja Istimewa’ Dipakai Kampanye Capres

MERAPI-SAMENTO SIHONO Marzuki Mohamad saat melapor ke Polda DIY.
MERAPI-SAMENTO SIHONO/Marzuki Mohamad saat melapor ke Polda DIY.

DEPOK (MERAPI)- Penyanyi rap sekaligus pencipta lagu ‘Jogja Istimewa’, Marzuki Mohamad atau Kill The DJ melaporkan dua akun media sosial ke SPKT Polda DIY, Selasa (15/1). Pelaporan itu terkait penggunaan lagu Jogja Istimewa yang diubah liriknya untuk kampanye pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto/Sandiaga Uno.
“Melaporkan pemilik dua akun media sosial, Twitter dan Instagram atas nama yang sama, atas nama CakKhum,” ujar penyanyi dengan nama panggung Kill The DJ itu di Polda DIY, Selasa (15/1).
Menurutnya, dua akun itu dilaporkan dengan sangkaan pelanggaran Undang-undang Hak Cipta dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Pasalnya akun itu mengunggah video yang mengubah lirik lagu tanpa sepengetahuan pemiliknya.

“Terlapor ini dilaporkan terkait pelanggaran Hak Cipta dan UU ITE. Merubah lirik lagi tanpa izin pemiliknya,” kata Marzuki.
Dalam laporan tersebut, Marzuki bersama kuasa hukumnya juga menyertakan barang bukti berupa file video lagu Jogja Istimewa yang sudah diubah liriknya dan dokumen bukti hak cipta lagu Jogja Istimewa ciptaan Marzuki Mohamad. Sebelum lapor polisi, Marzuki sudah mengungkapkan kegeramannya itu di media sosial.
“Saya sudah menunggu itikat baik dari yang bersangkutan untuk meminta maaf, tapi karena tidak ada upaya itu, makanya saya laporkan. Lagu diubah liriknya dan dipakai untuk kampanye tim Prabowo,” tandasnya.
Lagu yang liriknya telah diubah itu dinyanyikan dalam acara bertajuk serasehan emak-emak relawan Prabowo-Sandi di Ndalem Purbayan, Yogyakarta, Selasa (18/12) malam. Anie, istri kakak Prabowo, Hashim Djojohadikusumo hadir dalam acara tersebut.

Di tengah-tengah acara, Anie Hashim bahkan sempat menghubungi Prabowo Subianto. Lewat aplikasi video call, Prabowo bertatap muka dan menyapa emak-emak relawan Prabowo-Sandi di Yogyakarta.
Mengetahui Anie sedang video call dengan Prabowo, emak-emak tersebut menyanyikan lagu ‘Jogja Istimewa’ yang syairnya diubah sedemikian rupa untuk menunjukkan dukungan kepada Prabowo-Sandi. Video lagu itu kemudian diunggah ke media sosial.(Shn)

Read previous post:
Tiga RT Terancam Longsor

KOKAP (MERAPI) - Warga tiga RT di wilayah Soropati, Hargotirto, Kokap, Kulonprogo, dipetakan sebagai zona merah yang rawan bencana longsor.

Close