DARI WONOGIRI HENDAK DIEDARKAN DI YOGYA- Mobil Boks Angkut Ribuan Miras Terjaring Razia Polisi



Mobil box yang diamankan Polres Gunungkidul. (MERAPI-BAMBANG PURWANTO)
Mobil box yang diamankan Polres Gunungkidul. (MERAPI-BAMBANG PURWANTO)


WONOSARI (MERAPI)-Tim Operasi Mantap Brata Polres Gunungkidul mengamankan mobil boks yang berisi penuh minuman keras (miras) di ruas Jalan Umum Wonosari-Yogya, Jumat (11/1) kemarin. Ribuan botol miras itu berasal dari Wonogiri dan hendak disetorkan ke Kota Yogya.

Selain mengamankan mobil bermuatan ribuan botol minuman keras itu, tim operasi tersebut juga melakukan pemeriksaan terhadap ratusan pengguna jalan, baik pengendara sepeda motor maupun mobil.

“Kendaraan pengangkut miras sudah kami amankan dan kami lakukan pemeriksaan,” kata anggota Polres Gunungkidul, Iptu Sony di sela operasi, kemarin.
Dikatakan, awalnya mobil boks itu diperiksa kelengkapan surat-surat kendaraan dan tidak ada masalah. Namun petugas curiga dengan isi boksnya. Petugas lalu menggeledah muatan mobil tersebut dan akhirnya mendapati ribuan botol minuman keras berbagai jenis.

Puluhan karton minuman keras ditemukan, yakni 81 kardus berisi dari Anggur Putih, Anggur Merah, Anggur Hitam dan beberapa jenis lainnya. Temuan ini langsung ditindaklanjuti petugas dengan melakukan pendataan. Saat itu juga, kendaraan mobil boks bersama pengemudi dan salah seorang penumpang diamankan untuk dimintai keterangan. Berdasarkan keterangan dari pengemudi, mobil boks itu berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah hendak menyetorkan ratusan botol miras ke wilayah Yogyakarta.

Temuan itu langsung diserahkan ke Satres Narkoba Polres Gunungkidul untuk diproses hukum. Kanit Turjawali Satlantas Polres Gunungkidul, Ipda Risyanto menambahkan, operasi semacam ini memang tengah digalakkan polisi sebagai upaya untuk menjaga kondusivitas daerahnya menjelang pemilu. Hampir setiap harinya, petugas melakukan operasi baik siang maupun malam dengan sasaran miras, senjata tajam maupun surat-surat kendaraan.“Rutinitas kegiatan seperti ini. Masih akan kami lakukan agar tercipta situasi yang kondusif,” terangnya.

Adapun fokus penanganannya tidak hanya miras, tapi juga mereka yang melanggar aturan lalu lintas. “Dalam operasi kali ini ada 7 pengendara menerima sanksi teguran dan 10 di antaranya dilakukan penindakan dengan ‘tilang,” tandasnya. (Pur)


Read previous post:
GELAPKAN MOTOR TEMAN- Kedanan Perempuan, Residivis Menipu

DEPOK (MERAPI)- Gara-gara menggelapkan sepeda motor milik temannya sendiri, NR (23) warga Palbapang, Bantul, harus mendekam di sel tahanan. Padahal

Close