Ribuan Orang Deklarasi Siap Dilibatkan Berantas Klitih

MERAPI-NOOR RIZKA Peserta aksi Damai 9119 Anti Klitih long march dari Alun-alun Utara ke Kantor Gubernur DIY.
MERAPI-NOOR RIZKA/Peserta aksi Damai 9119 Anti Klitih long march dari Alun-alun Utara ke Kantor Gubernur DIY.

YOGYA (MERAPI) – Ribuan warga DIY menggelar aksi bertajuk Aksi Jogja Damai 9119, sebagai bentuk keprihatinan maraknya kekerasan jalanan atau klitih di Alun-alun Utara Yogya, Rabu (9/1). Dalam aksi damai itu, perwakilan massa aksi menyampaikan 3 penyataan sikap, yakni menuntut pemerintah untuk menindak tegas pelaku kejahatan jalanan, memberi sanksi sosial dan penegakan hukum yang jelas, membuat perda khusus untuk kriminal jalanan serta memberikan peran bagi elemen masyarakan dalam penanganan kejahatan jalanan.

Aksi damai tersebut dimulai dari Alun-alun Utara Yogya. Selanjutnya massa aksi damai long march menuju Kantor Gubernur DIY. Sepuluh perwakilan massa aksi damai, diterima oleh Kasat Pol PP DIY Noviar Rahmad untuk menyampaikan masukan dan pernyataan sikap atas maraknya kasus kejahatan jalanan ini.
Koordinator aksi Jogja Damai 9119 Suryo Aji menjelaskan, aksi ini merupakan keprihatinan masyarakat DIY atas maraknya kekerasan jalanan. Dia menyatakan, pelaku kekerasan jalanan umumnya pelajar yang berusia di bawah umur. Mereka melukai orang lain tanpa sebab yang jelas.

“Acara ini merupakan respons simpatik dari masyarakat terhadap maraknya kejahatan jalanan. Kami mendukung sepenuhnya upaya pemerintah dan aparat penegak hukum untuk memberantas kejahatan jalanan ini. Kami juga siap untuk dilibatkan,” papar Aji ditemui di Kantor Gubernur.
Sepuluh perwakilan massa aksi, diterima oleh Kasat Pol PP DIY Noviar Rahmad. Pada kesempatan itu, perwakilan massa aksi menyampaikan pernyataan sikapnya, yakni menuntut pemerintah untuk menindak tegas pelaku kejahatan jalanan agar menimbulkan efek jera, menuntut pemerintah agar memberi sanksi sosial serta penegakan hukum yang jelas dan bersifat transparan dalam penanganan hukum kepada pelaku kriminal jalanan.

Kasat Pol PP DIY Noviar Rahmad mengapresiasi aksi damai yang dilakukan oleh ribuan masyarakat ini. Pihaknya akan menyiapkan Perda pemberantasan kriminalitas jalanan dalam waktu dekat ini.
“Nanti akan kami siapkan. Akan koordinasikan dengan dinas sosial dan dinas pendidikan,” paparnya.(Riz)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Warga Melawan Klitih

CAH klitih kembali beraksi menebar teror di masyarakat. Bahkan dalam semalam, gerombolan klitih ini membacok 5 orang di tempat berbeda,

Close