37 Kios di TKP Senopati Ludes Terbakar Dalam 1 Jam

MERAPI-NOOR RIZKA/Polisi memeriksa 35 kios di Taman Parkir Senopati yang ludes dilalap api.
MERAPI-NOOR RIZKA/Polisi memeriksa 35 kios di Taman Parkir Senopati yang ludes dilalap api.

GONDOMANAN (MERAPI)- Sebanyak 37 kios pedagang di Tempat Khusus Parkir (TKP) Senopati Kecamatan Gondomanan, Yogya dilalap api pada Minggu (6/1) malam. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Tapi kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah karena satu mobil Toyota Innova dan satu sepeda motor matik ikut terbakar. Diduga, kebakaran dipicu korstleting listrik.
Api berhasil dipadamkan dalam waktu satu jam. Salah satu penyewa kios TKP Senopati, Utami (30) mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.30 WIB. Menurutnya, kondisi kios sudah sepi lantaran sudah tutup dan pedagang pulang. Warga Prawirodirjan, Gondomanan itu lalu mendapat informasi kebakaran dan langsung bergegas ke lokasi TKP Senopati untuk mengecek kondisi kiosnya.

“Saya baru mau tidur dapat kabar kebakaran. Sampai lokasi, kios saya pas kena kebakaran. Tidak mengira sama sekali,” kata Tami di sela mengambil sisa-sisa dagangan yang masih bisa diselamatkan, Senin (7/1).
Dia memperkirakan kerugian barang dagangan kios kelontong mencapai sekitar Rp 15 juta karena hampir semua terbakar. Dia berharap kios-kios yang terdampak kebakaran itu segera diperbaiki agar penyewa bisa berjualan kembali.
Hal senada juga disampaikan oleh pedagang oleh-oleh pakaian batik TKP Senopati, Amanah (37). Warga Tukangan Yogya itu memperkirakan kerugian dagangan yang terbakar di kiosnya mencapai sekitar Rp 35 juta. “Padahal dagangan habis dijog (ditambah) karena ini kemarin masih masa liburan. Sekarang sudah habis ludes nggak ada sisa,” ujar Amanah di lokasi kebakaran.

Dia menuturkan dari informasi, sumber api berasal dari kios paling tengah yang diberi garis polisi. Selama ini listrik di sekitar kios itu belum pernah mengalami konsleting. Tapi diakuinya biasanya listrik mengalami jeglek atau putus alirannya. Dalam sebulan dia mengeluarkan biaya sewa sekitar Rp 350 ribu/bulan.
Sementara itu Kepala Seksi Operasional dan Penyelemaatan Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta Mahargyo menyebut kebakaran di TKP Senopati juga melahap sepeda motor Vario, uang tunai Rp 10 juta, TV 4 unit dan mobil Toyota Innova yang diparkir di selatan kios, di Jalan Secodiningrat. Laporan kebakaran itu diterima Dinas Kebakaran pukul 22.45 WIB dan berhasil dipadamkan dalam waktu 1 jam. Dia menyebut ada sekitar 37 kios yang terbakar yang diisi oleh 35 pedagang.
“Kejadian kebakaran berlangsung cepat karena barang-barang dagangan di kios seperti pakaian adalah bahan yang mudah terbakar. Lokasi antar kios tidak ada sekat. Hanya teralis besi-besi,” terang Mahargyo.

Dia menyatakan penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan kepolisian. Namun dugaan sementara kebakaran itu karena hubungan arus pendek listrik atau konsleting. Dia menjelaskan kronologi dari informasi di lapangan, travo listrik mengelami konslet lalu mengenai kios di bawahnya. Sedangkan di bawah tiang listrik itu ada mobil Innova lalu ikut terbakar. Kemudian api merembet ke sepanjang kios berukuran masing-masing sekitar 2,5x 3,5 meter itu.
“Memang di lapangan kemarin juga ada informasi sumber api dari tengah kios. Tapi kepastian penyebab menunggu hasil dari kepolisian,” jelasnya.
Camat Gondomanan Agus Arif yang ditemui di lokasi kejadian, Senin (7/1) menambahkan, di TKP terdapat 37 kios oleh-oleh. Namun yang ditempati sebanyak 35 kios. Seluruhnya ludes terbakar. Satu unit mobil Toyota Innova yang terbakar milik wisatawan.

“Mobil berada di sisi selatan kios. Mungkin kesambar api dan terbakar. Sedangkan motor berada di dalam kios. Karena kejadian ini sangat cepat dan kondisi kios sudah sepi, jadi tidak memungkinkan untuk diselamatkan,” paparnya.
Kapolsek Gondomanan Kompol I Nengah Lotama, saat dihubungi wartawan mengatakan, pihaknya masih mendalami penyebab kebakaran tersebut. Namun, berdasarkan keterangan saksi-saksi, kebakaran diduga berasal dari konsleting listrik. “Awalnya hanya satu kios, lalu menjalar ke kios lainya,” tutur Kapolsek Gondomanan.(Tri/Riz)

Read previous post:
DAMPAK KONDISI PERUBAHAN ALAM – Target Kunjungan Wisatawan Tak Tercapai

WONOSARI (MERAPI) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mencatat, terjadi penurunan sekitar 90 ribu wisatawan yang berkunjung ke sejumlah destinasi wisata

Close