KPU Sukoharjo Terima Laporan Dana Kampanye Parpol

SUKOHARJO (MERAPI) – Sebanyak 14 partai politik (parpol) semuanya telah menyampaikan laporan dana kampanye pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo sesuai batas waktu pelaporan yang telah ditentukan. Hasil pemeriksaan diketahui ada beberapa laporan parpol masih salah dan harus segera diperbaiki. Petugas akan memberikan pendampingan terhadap parpol agar dalam penyusunan laporan dana kampanye bisa benar.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Jumat (4/1) mengatakan, sebanyak 14 parpol telah menaati ketentuan dengan menyampaikan laporan dana kampanye sesuai batas waktu yang telah ditetapkan Rabu (3/1). Masing masing parpol mengumpulkan data dan telah diterima langsung oleh KPU Sukoharjo. Sebelum dikumpulkan pengurus parpol sudah sering melakukan konsultasi terkait jadwal dan teknis pembuatan laporan dana kampanye.

Setelah semua laporan dana kampanye dikumpulkan parpol KPU Sukoharjo langsung melakukan pemeriksaan. Hasilnya diketahui ada beberapa laporan dana kampanye parpol mengalami kesalahan. Hal tersebut sudah disampaikan KPU Sukoharjo ke masing masing pengurus parpol.

Untuk laporan dana kampanye dari parpol yang sudah benar maka tetap dikumpulkan di KPU Sukoharjo. Namun bagi parpol yang salah data akan dikembalikan oleh KPU Sukoharjo untuk dilakukan perbaikan secepatnya. Hal itu penting mengingat data sangat dibutuhkan oleh penyelenggara pemilu dalam menghadapi pesta demokrasi rakyat.

Temuan hasil pemeriksaan laporan dana kampanye yang salah dari parpol berdampak pada terlambatnya input data KPU Sukoharjo. Sebab proses tersebut tetap harus menunggu data keseluruhan dana kampanye dari semua parpol benar.

“Ada beberapa parpol yang masih salah dalam membuat laporan dana kampanye dan terpaksa kami kembalikan untuk dilakukan perbaikan secepatnya. Salah satu penyebab kesalahan itu seperti karena penyusunan berkas tidak sesuai antara laporan dan lampiran, berkas belum ditandatangani oleh calon anggota legislatif (caleg),” ujarnya.

Dalam melakukan proses perbaikan laporan dana kampanye KPU Sukoharjo memberikan pendampingan penuh kepada parpol. Hal itu untuk memastikan proses perbaikan dapat berjalan lancar dan tidak lagi ditemukan kesalahan penyusunan.

“Misal untuk caleg yang belum tandatangan dalam laporan dana kampanye maka kami minta parpol melakukan pemanggilan agar berkas segera lengkap dan dikumpulkan ke KPU Sukoharjo,” lanjutnya.

Apabila nanti laporan dana kampanye telah dikumpulkan semua dalam kondisi benar oleh parpol maka KPU Sukoharjo akan melibatkan akuntan publik independen untuk melakukan audit. Proses tersebut sangat penting untuk memastikan kebenaran data yang disampaikan oleh parpol peserta pemilu 2019.

Hasil audit laporan dana kampanye parpol oleh akuntan publik nantinya akan diinformasikan ke masyarakat. Penyampaikan dilakukan dengan memasang data di situs resmi KPU Sukoharjo.

Data dari KPU Sukoharjo sesuai laporan dana kampanye yang telah dikumpulkan oleh masing masing parpol diketahui nilai tertinggi ditempati PDIP Rp 1,19 miliar sedangkan terendah Partai Garuda Rp 0 dan PBB Rp 0. (Mam)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
PENGEPUNGAN MATARAM ATAS BATAVIA 1628 DAN 1629 (8) – Pangeran Purbaya Berjaya di Laut

CERITA tentang pengepungan Batavia oleh Mataram sebanyak dua kali ini di dalam cerita tutur Jawa dikisahkan panjang lebar yang sebagian

Close