Daun Bungur Lawan Hipertensi

MERAPI-SULISTYANTO Daun tanaman bungur berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Daun tanaman bungur berkhasiat.

BUNGUR termasuk tanaman peneduh yang tampil khas, apalagi saat berbunga. Pemilik nama ilmiah Lagerstroemia speciosa ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias, sekaligus mempunyai khasiat kesehatan.

Sebagai ramuan musuh kencing manis, yakni dapat menerapkan resep, delapan gram daun bungur segar dipadu sembilan gram biji kacang hijau. Bahan ini setelah dicuci lalu direbus dengan 300 mililiter air bersih. Setelah tinggal sekitar 100 mililiter diangkat. Dalam keadaan dingin atau hangat diminum, sehari cukup sekali.

Lain halnya jika digunakan untuk membantu melawan darah tinggi atau hipertensi, yakni menggunakan segenggam daun bungur segar. Setelah dicuci di air mengalir selanjutnya direbus kedalam air 300 mililiter. Perlu ditunggu beberapa saat hingga air menjadi 100 mililiter. Air rebusan ini diminum, sekali atau dua kali dalam sehari.

Sebagai obat alami untuk bisul ataupun koreng, bisa menggunakan akar dan bunga bungur. Caranya, bahan ini dicuci lalu dikeringkan dan digiling sampai wujudnya seperti bubuk. Dicampur air bersih agar menjadi pasta dan rutin ditempelkan pada yang sakit. Jika untuk melawan eksim, bisa mengambil akar ataupun daun bungur secukupnya dan dibersihkan. Setelah itu direbus menggunakan air secukupnya, dan air hasil rebusannya untuk mencuci bagian yang mengalami sakit eksim.

Ciri tanaman bungur, misalnya memiliki daun tunggal, tangkai pendek, dan tumbuh berseling. Bentuknya elips ataupun memanjang berukuran dua hingga tujuh centimeter. Tanaman ini berbunga sepanjang tahun ini memiliki bunga majemuk bentuk malai yang tumbuh berkelompok pada ujung batang ataupun keluar dari ketiak daun. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
PENGEPUNGAN MATARAM ATAS BATAVIA 1628 DAN 1629 (5) – Usaha Membendung Sungai Mengalami Kegagalan

PENYERBUAN Batavia yang pertama telah merenggut nyawa panglimanya, Tumenggung Baureksa dan putranya dilanjutkan dengan pernyerangan yang kedua, yakni Ekspedisi Kaladuta

Close