Dukcapil Sleman Jemput Bola Perekaman KTP El

Petugas melakukan perekaman KTP El di Panti Wredha Pakem.
Petugas melakukan perekaman KTP El di Panti Wredha Pakem.

SLEMAN (MERAPI) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman melakukan jembut bola perekaman KTP Elektronik (KTP El). Ada dua tempat yang disasar, Panti Wredha Pakem serta Lapas Cebongan Mlati Sleman.

Kegiatan ini merupakan langkah Pemkab Sleman dalam memenuhi hak masyarakat terutama yang berkaitan dengan administrasi kependudukan. Selain itu juga sebagai respon dari Surat Edaran Kemendagri Nomor 471/2018 terkait pelayanan jemput bola perekaman KTP-El Serentak Secara Nasional.

Di Panti Wredha ada 39 lansia yang dilakukan perekaman. Sedangkan di Lapas Cebongan adalah 11 orang. “Penentuan lokasi karena mereka memang tidak dimungkinkan untuk datang sendiri ke kantor untuk melakukan perekaman. Karena ada beberapa faktor, sehingga kami terjunkan tim ke lokasi,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Sleman Endang Mulatsih, Jumat (28/12).

Jemput bola ini menurut Endang sudah dimulai awal tahun. Menurut data dari Panti Jompo Wredha, ada 39 penghuni tidak memiliki KTP. Lalu dilakukan pendataan oleh petugas, sebelum akhirnya dilakukan perekaman.

“Jemput bola juga kita lakukan ke sekolah. Dalam waktu dekat juga akan menyisir ke pesantren. Ini juga dalam rangka pemenuhan hak pilih mereka dalam Pemilu 2019 nanti. Karena basisnya adalah KTP El,” jelasnya.

Kepala Seksi Pelayanan dan Jaminan Sosial Dinsos DIY Gatot Yulianto mengatakan, pihaknya memang melaporkan kepada Pemkab Sleman terkait warga panti yang belum memiliki atau melakukan perekaman KTP El. “Kami mengajukannya ke Dukcapil DIY. Setelah dilakukan pendataan, direkomendasikan ke Sleman,” ujar penanggungjawab panti ini.

Sementara itu dari 11 warga binaan Lapas Cebongan hanya tujuh yang dilakukan perekaman. Sedangkan lima yang lain, dokumennya belum lengkap. (Awh)

Read previous post:
PERAYAAN MALAM TAHUN BARU-Malioboro Steril Kendaraan Mulai Pukul 15.00 WIB

UMBULHARJO (MERAPI) - Lalu lintas Jalan Malioboro akan ditutup total pada malam tahun baru Senin (31/12). Sterilisasi kendaraan di Malioboro

Close