Kuota BPNT Yogya Berkurang

UMBULHARJO (MERAPI) – Kuota penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Yogyakarta berkurang signifikan. Penyebab pengurangan kuota itu dimungkinan karena berkurangnya jumlah kemiskinan. Namun sampai kini data penerima BPNT yang berkurang tersebut belum ada.

“Sudah ada surat tentang pengurangan kuota penerima BPNT. Tapi data by name by address belum ada sampai kini,” kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Yogyakarta Irianto Edy Purnomo, Minggu (23/12).

Dinsos mencatat jumlah penerima kuota BPNT di Kota Yogyakarta ditetapkan sebanyak 17.634 penerima. Tapi berdasarkan surat yang diterima Dinsos Kota Yogyakarta jumlah itu akan berkurang menjadi sekitar 12.940 penerima. Pengurangan jumlah penerima BPNT itu cukup signifikan karena mencapai 4.694 penerima.

Pihaknya mengaku tidak mengetahui dasar pengurangan penerima BPNT itu. Dia menyatakan beberapa daerah lain juga mengalami pengurangan dan penambahan kuota BPNT.

“Pengurangan tak hanya di Yogya. Beberapa daerah lain juga. Kami juga tidak tahu dasar pengurangannya. Tapi dimungkinkan karena jumlah kemiskinan di Yogya berkurang. Lalu kuotanya dialihkan ke daerah lain yang lebih membutuhkan,” paparnya.

Dia menyebut pengurangan kuota BPNT berlaku November 2018. Dinsos Kota Yogyakarta sudah membagikan BPNT untuk November 2018, tapi baru diakses 11.082 penerima.

Meskipun jumlah penerima BPNT di Yogyakarta berkurang tapi nilai bantuan BPNT yang diberikan tetap sama dengan sebelumnya yakni Rp 110.000/bulan. Bantuan itu diberikan ke rekening penerima BPNT dan bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, minyak dan telur di e-warong.

Sementara untuk penyaluran BPNT Desember 2018 arahan dari pemerintah pusat dipercepat. Dia menjelaskan bantuan BPNT biasanya diberikan mulai tanggal 25 setiap bulan.

“Untuk bulan Desember penyaluran BPNT dipercepat guna mendukung kebutuhan masyarkat pada libur Natal dan Tahun Baru,” tambah Irianto.

Untuk itu pihaknya akan terus melakukan pengecekan ke penerima BPNT untuk memastikan dana bantuan sudah ditransfer ke rekening masing-masing penerima. Menurutnya dari hasil pengecekan beberapa waktu, lalu dana belum masuk. Jika dana telah masuk akan dilakukan pencairan bantuan. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Ada Tarif Parkir Nuthuk, Laporkan!

YOGYA (MERAPI) - Lembaga Konsumen Yogyakarta meminta masyarakat berani proaktif mengadukan tarif parkir yang tidak wajar di pusat-pusat keramaian di

Close