Kota Yogyakarta Raih Smart City 2018

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat menerima penghargaan Smart City 2018 bagi Kota Yogyakarta. (MERAPI–ISTIMEWA)

YOGYA (MERAPI) – Kota Yogyakarta meraih penghargaan Smart City 2018 dari Kementerian Komunikasi dan Informartika (Kemenkominfo). Yogyakarta menjadi salah satu kota yang dinilai berhasil dalam melakukan inovasi pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Momen ini merupakan satu lompatan besar bagi Pemkot Yogyakarta, dalam memberikan layanan secara prima kepada masyarakat,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti usai menerima penghargaan, Jumat (14/12).

Penghargaan diberikan kepada pada acara penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018 oleh Kemenkominfo di Jakarta kemarin. Haryadi mengapreasiasi dan mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Yogyakarta, atas pencapaian itu.

Menurutnya untuk mewujudkan Yogya Smart City tidak sebatas pada membangun sistem dengan teknologi informasi. Tapi juga cerdas dalam memanafaatkan teknologi informasi. Kota Yogyakarta sudah membuat layanan terpadu Jogja Smart Service (JSS) dengan konsep konsep Single ID, Single Window dan Single Sign On. Bisa diakses lewat website maupun di ponsel pintar berbasis android dengan menggunduh aplikasi JSS.

“Kita tdak perlu log in berkali-kali dan menginstal banyak aplikasi layanan, cukup menggunakan satu aplikasi saja untuk semua layanan Pemkot Yogyakarta yaitu Jogja Smart Service. Layanan informasi, aduan atau kelurahan dan layanan publik di pemkot,” terangnya.

Dengan Aplikasi JSS diakuinya, menuntut seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkot Yogyakarta untuk bisa memberikan respons terbaik. Terutama terhadap keluhan atau permohonan layanan yang masuk dari masyarakat Kota Yogyakarta.

Sementara Menteri Kominfo Rudiantara dalam rilis yang diterima mengatakan latra belakang kota pintar atau smart city adalah bagaimana kota dikelola secara cerdas. Dengan mempertimbangkan sumber daya dan dampak ke pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Dia mencontohnya untuk meningkatkan layanan masyarakat, Pemkot Yogyakarta memiliki aplikasi berbasis android yakni JSS.

“Smart city bukan tentang kemampuan membeli perangkat teknologi canggih. Tapi bagaimana sebuah kota mampu merubah cara berpikir dan juga cara melayani masyarakat,” tandas Rudiantara. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
SAMBUT MUSIM LIBUR NATARU DI YOGYA-Parkir Alternatif Disiapkan

UMBULHARJO (MERAPI) - Jumlah wisatawan dan volume kendaraan yang berkunjung ke Yogyakarta pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019

Close