POLRI CEK KESIAPAN POLDA DIY-Cegah Hoaks Saat Pemilu, Andalkan Bhabinkamtibmas

MERAPI-SAMENTO SIHONO Brigjend Pol Wahyudi Hidayat saat mengecek kesiapan personil Polda DIY
MERAPI-SAMENTO SIHONO
Brigjend Pol Wahyudi Hidayat saat mengecek kesiapan personil Polda DIY

DEPOK (MERAPI)- Tim Supervisi Operasi Mantap Brata Mabes Polri mengunjungi Polda DIY, Selasa (11/12) dengan dipimpin Dirpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri, Brigjend Pol Wahyudi Hidayat selaku ketua tim supervisi Operasi Mantap Brata 2018. Dalam kesempatan itu, Wahyudi mengecek secara langsung pasukan, peralatan, serta perlengkapan Polda DIY menghadapi pengamanan Pemilu 2019 mendatang.
“Saya ingin mengecek peralatan secara langsung, sehingga Polda DIY siap mengamankan Pileg dan Pilpres 2019,” ujarnya.
Wahyudi mengatakan, pelaksanaan Operasi Mantap Brata ini harus direncanakan dengan matang sehingga pelaksanaannya dapat berjalan secara jelas dan benar. Sehingga setiap satgas dapat bekerja maksimal.
“Setiap satgas harus bekerja cepat, misalnya kalau ada kerusuhan satgas tindak harus melakukan tindakan sesuai hukum yang berlaku. Begitu juga satgas preventif harus melakukan pencegahan,” jelasnya.

Dalam kunjungannya, Wahyudi memberikan penekanan terkait dengan perkiraan ancaman dari Pemilu seperti hoaks, provokasi dan propaganda selama berlangsungnya masa kampanye, masa tenang, perhitungan hingga pelantikan.
Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto menambahkan, di tahap kampanye ini, pihaknya menerjunkan sekitar 600 anggota polisi. Dalam tahapan kampanye ini, pelanggaran lalulintas dan kerusuhan di jalan menjadi perhatian khusus.

“Kalau ada pelangaran lalulintas akan kita tindak, namun harus dilihat dari situasi dan kondisi,” katanya.
Dijelaskan, anggota Bhabinkamtibmas juga akan diterjunkan dalam mengamanan pesta demokrasi ini. Sehingga diharapkan bisa mendinginkan situasi di wilayahnya, terutama untuk mengantisipasi adanya kampanye negatif agar warga tidak mudah termakan berita hoaks.
“Di tahap kampanye ini ada yang kampanye dengan media sosial, banyak ujaran kebencian dan hoaks. Dalam hal ini Bhabinkamtibmas harus bisa memberikan penyuluhan dan pengarahan pada warga agar tak gampang termakan hoaks,” pungkasnya. (Shn)

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Tersangka beserta barang bukti saat digelandang ke Polda DIY
Ungkap 23 Kasus Curanmor, Polda DIY Tangkap 29 Tersangka

DEPOK (MERAPI)- Jajaran Polda DIY berhasil mengungkap 23 kasus pencurian kendaraan bermotor selama operasi Curanmor Progo yang digelar 16-29 November.

Close