Kebumen Dilanda Longsor dan Banjir

MERAPI-BAGUS S Jalan Bonosari-Kedungwringin tertutup longsoran.
MERAPI-BAGUS S
Jalan Bonosari-Kedungwringin tertutup longsoran.

KEBUMEN (MERAPI) – Material longsoran menutup akses jalan yang menghubungkan Desa Bonosari dengan Desa Kedungwringin, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Upaya Pemkab Kebumen menyingkirkan material longsoran dengan alat berat, hingga Minggu (9/12), belum berhasil membuka jalur pedesaan tersebut.

“Volume material longsoran sangat besar. Diperkirakan butuh waktu tiga hari untuk menyingkirkannya,” jelas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Eko Widianto.

MERAPI-BAGUS S Tanggul Kali Banda jebol di Desa Sugihwaras.
MERAPI-BAGUS S
Tanggul Kali Banda jebol di Desa Sugihwaras.

Longsor di Bonosari terjadi Sabtu (8/12) malam. Material yang menutup jalan, berasal dari longsoran lahan milik penduduk. Longsor susulan mengancam karena pada lahan yang longsor, terjadi rekahan.

“Ada beberapa rumah yang terancam. Bahkan satu rumah, penghuninya mengungsi ke rumah saudara,” jelas Hasan (50) warga Dukuh Tundan saat kerja bakti membersihkan material longsoran yang masuk ke Masjid Nur Hikmah, masjid yang lokasinya persis di bawah jalan yang tertutup longsoran.

Sedangkan di Desa Sugihwaras, Kecamatan Adimulyo, banjir bandang akibat tanggul Kali Banda jebol, merusak 3 rumah di RT 02/RW 03 yang berada tidak jauh dari tanggul yang jebol. Salah satunya, rumah semi permanen yang dihuni keluarga Habib (60) yang menyisakan tiangnya, serta semua perabot rumah tangga hilang terbawa banjir bandang.

MERAPI-BAGUS S Rumah rusak diterjang banjir bandang akibat tanggul Kali Banda jebol.
MERAPI-BAGUS S
Rumah rusak diterjang banjir bandang akibat tanggul Kali Banda jebol.

“Tanggul jebol sekitar pukul 01.30 (Sabtu 8/12). Luberan air dengan cepat menggenangi puluhan rumah, warga kemudian mengungsi ke tanggul hingga pagi. Air dari kali juga merusak puluhan hektare lahan semai padi,” ujar Ketua RT 02/RW 03 Desa Sugihwaras, Wardoyo.

Di Kabupaten Kebumen, hujan dengan intensitas tinggi pada Jumat (7/12) malam hingga Sabtu (8/12) dini hari, memicu bencana banjir dan longsor di sejumlah desa. Puluhan rumah rusak akibat bencana tanah longsor, serta ratusan rumah tergenang air dan belasan rumah rusak diterjang banjir bandang akibat tanggul sungai jebol di beberapa titik. (Skm)

 

 

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Pilkades Serentak di Pati, Ditengarai Saweran Tembus Milyaran

PATI (MERAPI) – Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Pati digelar 15 Desember. Dari 61 desa (di 20 kecamatan) yang

Close