Penghijauan Lawu Sambut HJK ke-73

TNI bersama masyarakat menghijaukan hutan di Tlogodringo, Tawangmangu. (Foto: Abdul Alim)
TNI bersama masyarakat menghijaukan hutan di Tlogodringo, Tawangmangu. (Foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Seribu lebih bibit tanaman buah dan berbatang keras ditanam secara gotong royong oleh prajurit Koramil Tawangmangu Kodim 0727/Karanganyar bersama komunitas, masyarakat dan instansi terkait, Kamis (6/12). Ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Juang Kartika (HJK) ke-73 yang jatuh pada 15 Desember 2019.

Danramil 08/Tawangmangu, Kapten Suwarno mengatakan penghijauan yang berlangsung di Tlogodringo, Desa Gondosuli telah dimulai sejak Selasa (4/12). Kerja bakti menanam massal diikuti 200 personel dari TNI, Banser, Linmas, Relawan Mantap, FKPM, Perhutani, klub motor vespa dan masyarakat Tlogodringo.

“HJK ini momentum tepat untuk lebih menjalin keakraban dengan masyarakat di semua elemen. Salah satu kegiatannya penghijauan di lahan kritis. Kebetulan, hutan di Tlogodringo kebakaran musim kemarau kemarin. Sekarang waktu tepat menghijaukannya di musim penghujan. Selain menjalin hubungan baik masyarakat dengan TNI, juga agar pohon yang ditanam nantinya bermanfaat karena menyimpan sumber air yang akan di gunakan oleh warga,” katanya kepada wartawan.

Jenis bibit pohon yang ditanam seperti jambu mete, alpukat, mahoni, jambu merah, trembesi, duwet, sengon dan sirsak. Nantinya, pemanfaatan pohon berbuah diserahkan ke masyarakat setempat. Jenisnya dipilih berakar kuat dan berbatang keras guna membantu konservasi air tanah. Dalam seremoni penghijauan, Selasa lalu dihadiri sejumlah pejabat antara lain Kades Gondosuli Supangat, perwakilan Perhutani Surakarta Edi Purnomo dan Kadus Tlogodringo Suharto.

“Saya menyampaikan ke personel supaya perhatikan keamanan dan keselamatan saat menanamnya. Karena wilayah yang akan ditanami licin dan berbukit,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, rangkaian kegiatan menuju puncak peringatan HJK diantaranya karya bakti, donor darah, bakti sosial, bedah rumah dan lainnya.

Bibit pohon tersebut merupakan pengadaan mandiri

Camat Tawangmangu, Rusdiyanto mendorong komunitas peduli lingkungan agar ikut merawat hutan Lawu. Instansi TNI merupakan salah satu pegiat aktif peduli lingkungan hidup.

“Kerja baktinya masih berlangsung sekarang meski kegiatan itu direncanakan satu hari pada Selasa lalu. Ini karena masih banyak bibit tanaman yang akan ditanam di Tlogodringo,” kata dia. (Lim)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
AKBP Jon Wesly Jabat Kapolres Pati

PATI ( MERAPI ) - Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Condro Kirono, MM MHum menggeser pejabat Kapolres Pati dari AKBP

Close