Tergerus Aliran Sungai, Tanggul Sungai Boyong Ambrol

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Tanggul Sungai Boyong yang ambrol karena tidak kuat menahan gerusan aliran sungai.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Tanggul Sungai Boyong yang ambrol karena tidak kuat menahan gerusan aliran sungai.

NGAGLIK (MERAPI) – Tanggul Sungai Boyong sepanjang 13 meter di Dusun Dayakan RT 6 RW 36 Desasasa Sardonoharjo Kecamatan Ngaglik Sleman longsor akibat tergerus sungai. Pada bagian atas tanggul juga muncul retakan sepanjang 12 meter.

Pada Kamis (6/12), tanggul longsor sepanjang 13 meter dengan ketinggian 6 meter dan lebar 6 meter. Longsornya sendiri sudah terjadi sejak 10 hari yang lalu. Namun hujan, Rabu (5/12) membuat rekahan menjadi semakin lebar.

“Longsornya sudah 10 hari yang lalu. Tapi masih kecil. Saat hujan deras kemarin, malam harinya bertambah lebar,” kata seorang warga, Sabariman (85).
Saat kejadian dia sedang berteduh di gubuk dekat sungai. Karena dia memang terbiasa mengambil pasir di sekitar Sungai Boyong. “Sekarang jadi tidak berani,” ujarnya.

Tanggul longsor juga terjadi di Jambean Desa Banyurejo Kecamatan Tempel. Tanggul setinggi 10 meter dengan panjang 10 meter dan lebar 2 meter tersebut mengganggu akses jalan untuk dua rumah. Sementara itu hujan deras disertai angin kencang juga menyakibatkan beberapa pohon tumbang.

Di Desa Trimulyo Kecamatan Sleman, tiga pohon Ketepeng berdiameter 20 sentimeter yang berada di halaman SDN Kasisobo tumbang. Di Dusun Jomblang Sompilan Desa Tegaltirto Kecamatan Berbah, dua pohon tumbang menimpa jaringan listrik dan mengganggu akses jalan kampung. Pohon tumbang juga terjadi di Dusun Jetis Baran Desa Sardonoharjo Kecamatan Ngaglik. Dua pohon mandingan berdiameter 25 dan 20 sentimeter umbang mengganggu akses jalan kampung.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Sleman Achmad Subhan menjelaskan, untuk lokasi longsor kewenangannya ada di Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO). “Untuk lokasi memang ada di Sleman. Kami juga sudah cek lokasi langsung. Namun untuk penanganan lebih lanjut ada di BBWSSO,” ungkapnya. (Awh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
TAHUN ANGGARAN 2019 – Alokasi Dana Desa Gunungkidul Naik

WONOSARI (MERAPI) – Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemerintah pusat yang akan dikucurkan di Kabupaten Gunungkidul di tahun anggaran 2019

Close