Tiga Hari, Ratusan APK Ditertibkan

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Petugas Satpol PP Sleman menata ratusan APK hasil razia yang tersimpan di gudang setempat.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Petugas Satpol PP Sleman menata ratusan APK hasil razia yang tersimpan di gudang setempat.

SLEMAN (MERAPI) – Ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) berhasil diamankan petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman. APK tersebut merupakan hasil razia yang berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu (3-5/12) di 10 kecamatan.

Semua APK hasil razia disimpan di Kantor Satpol PP. Bagi caleg maupun peserta Pemilu yang merasa APKnya dicopot dapat mengambil ke kantor Satpol PP dengan membawa surat rekomendasi dari Bawaslu Sleman dan foto copy identitas.

“Jadi kami hanya menertibkan saja. Bukan melakukan penahanan. Semua APK dapat diambil oleh caleg maupun peserta Pemilu. Dengan melampirkan surat rekomendasi dari Bawaslu dan foto copy identitas,” ungkap Kasi Operasi Keamanan dan Ketertiban Bidang Trantip Satpol PP Sleman, Sri Madu, Kamis (6/12).

Dari 17 kecamatan di Sleman, tujuh kecamatan yang belum ditertibkan APKnya. Kecamatan Mlati, Depok, Kalasan, Prambanan, Ngemplak, Seyegan dan Pakem.
Sementara itu berdasarkan pendataan hasil razia APK di Bawaslu Sleman, total ada 204 APK yang ditertibkan. Dari jumlah tersebut terbanyak adalah rontek sebanyak 68 lembar. Disusul umbul-umbul dengan 44 buah, bendera 37 buah, baliho 31 buah dan spanduk 24 buah.

“Ada beberapa APK yang masuk dalam rekomendasi, namun sudah ditertibkan sendiri oleh pemilik APK. Karena memang sebelum penertiban, kita sudah memberikan rekomendasi kepada pemilik APK agar bisa menertibkan secara mandiri. Jika dalam batas waktu yang ditentukan, tetap dibiarkan baru ditertibkan oleh Satpol PP,” ujar Anggota Bawaslu Sleman Divisi Penangan Pelanggaran Bawaslu Sleman Ibnu Darpito.

Penertiban APK tersebut mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 27/2018 Tentang APK. Pelanggarannya beragam. Ada cara pemasangan yang salah, hingga lokasi. Seperti di pohon atau tiang listrik. (Awh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Maknai Ulang Among Tani Dagang Layar

BANTUL (MERAPI) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bantul menyatakan, gagasan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengenai

Close