SIDANG CAH KLITIH-9 Kali Lempar Mobil, Dituntut Vonis Ringan

BANTUL (MERAPI)-Cah klitih yang beraksi melempar kaca mobil, AP bin Darusalam (18) warga Sidorejo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul dituntut 8 bulan penjara potong masa tahanan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Kamis (6/12). Tuntutan terhadap pelaku tergolong ringan. Sebab, dia sudah beraksi 9 kali dan sangat mneresahkan masyarakat.
Tututan hukuman itu dibacakan jaksa di hadapan majelis hakim yang diketuai Dewi Kurniasari SH. Dalam persidangan terungkap, terdakwa melakukan salah saki aksinya pada Kamis 2 Agustus 2018 lalu. Awalnya dia didatangi rekannya sesama cah klitih, Lt (terpisah) di rumahnya. Saat itu Lt mengajak terdakwa untuk berputar-putar mencari mangsa menggunakan sepeda motor yang dibawanya.

Lt mengaku tengah memiliki masalah hingga tersulut emosinya. Untuk meluapkan kemarahannya, dia kemudian mengajak terdakwa mencari mangsa dengan melempar batu ke arah mobil yang lewat di jalan. Terdakwa AP menyetujui dan menjadi joki. Sedangkan Lt bertindak melempar batu ke mobil yang melintas di jalan.
Sebelum keluar dari rumah, terdakwa melihat batu koral dan mengambilnya. Usai berputar-putar, keduanya sampai di perempatan Tamantirto Kasihan Bantul.

Saat itu terdakwa melihat mobil Honda Brio dan sepakat untuk melemparnya. Lt pun langsung melemparkan batu mengenai kaca mobil bagian depan yang saat itu dikendarai saksi korban Rizki Fernando hingga pecah. Terdakwa sebagai joki langsung tancap gas melarikan diri.
Atas kejadian itu, saksi korban menderita kerugian Rp 6 juta. Setelah kasusnya dilaporkan, tak berapa lama petugas berhasil menangkap keduanya.
Kepada polisi, keduanya mengaku telah melakukan aksi lempar batu sebanyak 9 kali yang dilakukan di ssberbagai tempat. Perbuatan terdakwa dijerat dengan pasal 170 ayat 1 KUHP. (C-5)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Penghijauan Lawu Sambut HJK ke-73

KARANGANYAR (MERAPI) - Seribu lebih bibit tanaman buah dan berbatang keras ditanam secara gotong royong oleh prajurit Koramil Tawangmangu Kodim

Close