Dampingi Anak Berselancar di Dunia Maya

Pelaksana Kepala Diskoimnfosan Kota Yogyakarta Tri Hastono saat membuka sosialisasi pemanfaatan internet secara sehat dan positif. (MERAPI-ISTIMEWA)

TEKNOLOGI informasi seperti telepon pintar telah memudahkan kehidupan masyarakat. Bahkan memberi ruang untuk hal remeh temeh melalui berbagai media sosial di internet. Termasuk anak-anak sebagaian kini lebih asyik berselancar di dunia maya lewat media sosial. Orangtua masa kini pun dituntut bisa mendampingi anak dalam penggunaan internet yang sehat dan positif.

Menurut Pelasksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, Tri Hastono sekarang telah terjadi pergeseran relasi dari komunal ke individual. Sebagian masyarkat lebih senang bersosialisasi di media sosial, bahkan untuk mencurahkan isi hati.

“Anak-anak merasa semua permasalahan bisa dipecahkan dengan <I>smartphone<P>. Mereka merasa lebih nyaman curhat di media sosial daripada dengan teman atau orang tuanya. Ini menjadi tantangan kita,” kata Tri Hastono saat membuka sosialisasi pemanfaatan internet secara sehat dan positif, di Balaikota, Selasa (27/11).

Teknologi internet memiliki sisi positif dan negatif tergantung dari cara memanfaatkannya. Dia menilai untuk mengantisipasi sisi negatif itu maka tidak dapat ditangani hanya dengan melarang anak memegang gawai atau menggunakan internet. Tapi orangtua maupun pendidik harus dapat mengoptimalkan berbagai potensi positif yang ada dalam jagad maya.

“Kita harus membangun langkah-langkah arif, baik sebagai orangtua, institusi pendidikan, maupun pemerintah dengan mengoptimalkan potensi-potensi internet dalam konteks positif,” ucapnya.

Sosialisasi pemanfaatan internet secara sehat dan positif kemarin melibatkan komite sekolah, orangtua siswa, dan pengusaha warung internet dan pusat game online di Kota Yogyakarta. Pihaknya berharap kegiatan itu dapat menjadi pegangan bagi orangtua siswa dalam mendampingi anak mereka dalam berselancar di dunia maya
Sebelumnya sosialisasi serupa juga menyasar guru dari berbagai SD dan SMP di Kota Yogyakarta.

Pemanfaatan internet sehat seperti inovasi Konsultasi Belajar Siswa Online Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Ditambahkan untuk mendukung internet sehat di kalangan pelajar SMP, Pemkot Yogyakarta dan Forum Komite SMP se-Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegitan lomba foto dan dokumentasi video melalui <I>smartphone<P> dan diunggah di media sosial.

Sementara itu Kepala Bidang Persandian Diskominfosan Tri Haryanto menyampaikan sosialisasi itu diselenggarakan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat tentang teknologi informasi dan telekomunikasi, pembinaan operasional warnet dan game online pada kalangan pelajar. Temasuk memperkenalkan konten positif yang ada di internet.

“Tujuannya adalah sebagai sosialiasi penggunaan internet aman dan bijak dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat,” imbuh Tri Haryanto. (Tri)

 

Read previous post:
MERAPI-ISTIMEWA Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menerima penghargaan Menteri PANRB Syafruddin (kanan).
JADI MOMENTUM PENINGKATAN KINERJA ASN-Pemkot Yogya Hatrik Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

YOGYA (MERAPI)- Pemerintah Kota Yogyakarta mampu mempertahankan penghargaan yang sudah disandang dalam dua tahun terakhir sebagai kota dengan pelayanan publik

Close