Gerebek Lawu Hadirkan Pesta Rakyat

Rayahan gunungan hasil bumi dalam pembukaan Gerebek Lawu 2018. (Foto:Abdul Alim)
Rayahan gunungan hasil bumi dalam pembukaan Gerebek Lawu 2018. (Foto:Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Gelar seni budaya tradisional maupun kontemporer di Gerebek Lawu di Tawangmangu selama sepekan, 26 November-1 Desember 2018. Pembukaan festival rakyat tersebut dibuka pawai dan rayahan gunungan hasil bumi.

“Kegiatan ini dilaksanakan sengkuyung dan partisipasti dari seluruh masyarakat Karanganyar,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar, Tarsa, Senin (26/11).

Ia menyakini Gerebek Lawu menyedot perhatian wisatawan. Di pembukaan pad Minggu (25/11), ratusan warga lereng Lawu sengaja berkumpul di sekotar terminal untuk menyaksikan pawai berkuda pimpinan Forkomimda dari lapangan Bener Tawangmangu menuju area terminal. Arak-arakan itu diikuti penyandang kostum karnaval batik, gunungan buah dan sayur-sayuran, ratusan penari dan masyarakat setempat pembawa buah dan sayur hasil bumi.

“Gelar Grebek Lawu akan digelar selama satu minggu dari mulai 25 Desember- 1 Nopember. Menampilkan kesenian dari berbagai daerah di Karanganyar,” paparnya.

Selama sepekan, Gerebek Lawu diisi kirab budaya dusun, parade reog, festival band pelajar dan campursari. Tak hanya menampilkan potensi asal Tawangmangu, namun juga asal kecamatan lainnya. Menariknya, bakal digelar parade keroncong 24 jam pada Sabtu (1/12).

“Kegiatan ini dilaksanakan sengkuyung dan partisipasti dari seluruh masyarakat Karanganyar,” imbuhnya.

Grebek lawu, imbuh Bupati Karanganyar, Juliyatmono akan bermaksud menjaga kelestarian alam dan budaya lokal. Menurutnya, budaya merupakan alat perekat dan mempersatukan masyarakat. Ragam kuliner dapat disantap di sekitar lokasi panggung utama di Terminal Tawangmangu.

“Pada satu pekan ini, uangnya berputar lebih masif. Silakan menikmati budaya, wisata hingga kuliner,” katanya. (Lim)

Read previous post:
Kader PDIP Harus Lindungi Budaya Asli

SLEMAN (MERAPI) - Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menegaskan, sebagai kader partai yang baik harus mampu melindungi dan

Close