65 Pengusaha Rumahan Ikuti Grebeg UMKM

Pembukaan Grebeg UMKM Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Jumat (23/11). (MERAPI-NOOR RIZKA)

YOGYA (MERAPI) – Bank Indonesia Perwakilan DIY resmi membuka Grebeg UMKM bertema Jogja Sambut Bandara Baru: Menembus Pasar Dunia Tanpa Batas di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Jumat (23/11). Tahun ini Grebeg UMKM diikuti 65 peserta yang telah melalui serangkaian kurasi produk.

Kepala Perwakilan BI DIY Budi Hanoto mengatakan, event ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas serta mendorong pengembangan UMKM yang berkualitas. Harapannya, tidak hanya mendongkrak pertumbuhan ekonomi lokal semata. Tapi juga sebagai upaya BI dalam memberdayakan para pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing Yogya sebagai gerbang pariwisata.

Selain itu, program pembinaan berkelanjutan ini diharapkan mampu menumbuhkan iklim bersaing dalam perubahan di era digital, berkembang ditengah mandatory jaminan produk halal 2019 dan terhubung dengan konsep halal tourism maupun lifestyle.

“Di DIY masih terdapat banyak ruang untuk UMKM. Untuk itu, perlu arahan agar pelaku UMKM dapat terus bertahan. Bank Indonesia, berkomitmen untuk membuat standar UMKM berkualitas tinggi. Ini tantangan ke depan, karena Yogya merupaka pintu gerbang parwisata dengan dibangunnya bandara baru,” ujarnya.

Dijelaskan, tahun ini Grebeg UMKM diikuti oleh 65 UMKM premium se-DIY. Terdiri dari fashion, food, craft dan UMKM binaan BI. Event tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini, BI lebih menekankan UMKM berbasis pasa e-commerce dan halal life style.

Grebek UMKM berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu (23-25/11). Selain pameran, Grebek UMKM huga diramaikan sejumlah acara, seperti seminar, talkshow, pengenalan digital marketing dan pembiayaan perbankan, coaching clinic dan aneka lomba.  (Riz)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Pelaku beserta barang bukti pedang saat digelandang ke Polsek Depok Barat.
PELAKU KEEROYOK KORBAN DAN TODONGKAN PEDANG-Dibakar Cemburu, Ngamuk Salah Sasaran

DEPOK (MERAPI)- Gara-gara dibakar api cemburu, AD (22) warga Wuryantoro, Wonogiri nekat menganiaya tema lelaki pacarnya di sebuah kor-kosan di

Close