Kebak Sampah, DLH Resik-resik Sungai Serang

Kegiatan bersih Sungai Serang Kulonprogo yang dipenuhi sampah. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

WATES (MERAPI) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulonprogo bekerjasama dengan Kodim 0731 Kulonprogo melaksanakan karya bakti pembersihan Sungai Serang di sekitar Jembatan Dayakan, Pengasih, Minggu (18/11). Kegiatan bersih-bersih yang digelar dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018 ini bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir.

Kepala DLH Kulonprogo, Arif Prastowo mengungkapkan, melalui kegiatan bersih-bersih sungai yang diikuti lebih dari 100 personel ini pihaknya ingin mengajak masyarakat agar peduli dengan lingkungan. Sebab tidak lama lagi, Kulonprogo akan mendapat penilaian Adipura.

“Masyarakat harus peduli dengan kebersihan lingkungan, terutama sungai,” katanya.

Kepedulian terhadap lingkungan, lanjut Arif, sangat penting, termasuk kebersihan sungai di sekitar tempat tinggal, salah satunya adalah Sungai Serang. Saat ini sudah masuk musim penghujan sehingga kondisi sungai yang bersih akan membuat aliran air menjadi lancar. “Dengan demikian, banjir tidak akan terjadi,” imbuh Arif.

Dalam kesempatan ini, Arif juga mengajak masyarakat Kulonprogo untuk risau terhadap sampah dan risau terhadap sungai dengan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan serta mempromosikan kegiatan positif untuk mengolah sampah. Kebersihan sungai menjadi tanggungjawab bersama, bukan hanya pemerintah daerah.

“Mari kita merisaukan sampah yang ada di sekitar kita dan merisaukan sungai yang ada di sekitar kita dengan peduli terhadap kebersihan di sungai tersebut. Kebersihan sungai menjadi tanggung jawab kita bersama,” urainya.

Anggota Saka Wira Kartika, Ainun Ni’mah Wira Atmaja mengaku senang dapat mengikuti kegitan bersih Sungai Serang. Ia bahkan berharap, kegiatan yang sama dapat dilakukan secara rutin.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena menjadikan Sungai Serang bersih. Kebersihan adalah sebagian dari iman dan tentunya jika sungai bersih masyarakat pun akan merasa nyaman,” katanya

Duta Sungai Kulonprogo sekaligus anggota Saka Kalpataru, Agus Efendi menyampaikan, kegiatan Bersih Sungai Serang merupakan wujud kepedulian terhadap Sungai Serang. Kegiatan semacam ini perlu dilaksanakan secara rutin untuk menjaga kebersihan sungai.

“Dengan kegiatan Bersih Sungai Serang, semoga Kulonprogo bisa bebas dari sampah dan menjadi daerah yang asri,” ungkap Fendi. (Unt)

Read previous post:
TK Negeri 2 Yogya Gelar Kompetisi Dolanan Dakon Ning Ratan

SEIRING perkembangan zaman, permainan tradisional anak mulai ditinggalkan. Anak-anak lebih banyak bermain dengan permainan dalam gawai. Untuk mengenalkan kembali permainan

Close