Target TMMD Sengkuyung Tahap III Tercapai

Para pimpinan Forkopimda Karanganyar menutup TMMD di Desa Jumantoro. (foto: Abdul Alim)
Para pimpinan Forkopimda Karanganyar menutup TMMD di Desa Jumantoro. (foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Sasaran dan target pembangunan dalam Program TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2018 Kodim 0727/Karanganyar di Desa Jumantoro, Jumapolo tercapai. Dalam upacara penutupan, Selasa (13/11), warga diminta merawat hasil pembangunan program TMMD untuk kepentingan bersama.

“Ini realisasi semangat gotong royong, warisan asli bangsa kita. Peliharalah hasil program TMMD untuk kemaslahatan warga. Terus membangun dan mengembangkan potensi desa. TMMD pelajaran dan pengalaman menjadikan diri bagian dari solusi dan pendorong motivasi rakyat,” kata Dandim saat membacakan sambutan Gubernur pada upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2018 di Jumantoro, Jumapolo, Selasa (13/11).

TMMD ke-103 mulai 15 Oktober 2018. TMMD kali itu mengangkat tema Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial. Gubernur optimistis TMMD merupakan kesempatan membantu daerah yang belum tersentuh pembangunan merata. “Di samping pembangunan fisik dan nonfisik, TMMD membawa misi khusus menyatukan perbedaan dalam masyarakat guna mencegah potensi perpecahan dan berkembangnya intoleransi. Selain itu menumbuhkan kedekatan rakyat dengan prajurit TNI,” ujar dia.

Pada TMMD di Desa Jumantoro, Jumapolo, sasaran fisik yang sudah terealisasi adalah pembangunan jalan cor sepanjang 1.600 meter, lebar 3 meter, dan tebal 12 sentimeter. Selain itu pembangunan jembatan sepanjang 7 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 3 meter. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar juga mengucurkan dana untuk pembangunan sepuluh unit rumah tidak layak huni (RTLH).

Di setiap kegiatan TMMD, menjadi pembuka kebersamaan antara TNI, Polri debgan rakyat. Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus dibangun serta pelihara. Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh. Program TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2018 menghabiskan dana Rp 653,2 juta. Dari total dana itu, dana swadaya masyarakat Rp 76 juta. (Lim)

Read previous post:
Pangsar Soedirman Dalam Karya Pematung Yusman

SOSOK Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman bagi pematung Yusman memiliki kedekatan tersendiri. Hal itu terlihat dari sekian banyak karya Yusman

Close