Pemilih Sukoharjo 672.944 Orang


SUKOHARJO (MERAPI) – Pemilih Pemilu 2019 di Sukoharjo mengalami kenaikan 10.714 orang. Total jumlah pemilih sekarang sebanyak 672.944 orang. Penetapan jumlah pemilih sudah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP 2). Dalam pleno tersebut juga ditetapkan ada penambahan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak tujuh lokasi.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Selasa (13/11) mengatakan, rapat pleno rekapitulasi DPTHP 2 sempat tertunda pada Senin (12/11) pagi namun akhirnya tetap bisa terlaksana malam harinya. KPU Sukoharjo bekerja marathon sampai akhirnya bisa menyelesaikan data pemilih sesuai permintaan Bawaslu Sukoharjo.

Dalam rapat pleno tersebut diketahui ada perubahan pada DPTHP 2 mengalami kenaikan dibandingkan DPTHP 1 sebanyak 10.714 orang. Jumlah pemilih pemilu 2019 sesuai hasil penetapan ada sebanyak 672.944 orang. Rinciannya pemilih laki laki 333.082 orang dan pemilih perempuan 339.862 orang.

Data pemilih tersebut telah disetujui Bawaslu Sukoharjo sebelum ditetapkan KPU Sukoharjo. Selanjutnya DPTHP 2 akan dipakai sebagai patokan saat pelaksanaan pemilu 2019 mendatang.

KPU Sukoharjo setelah penetapan DPTHP 2 langsung mengirimkannya ke KPU Jawa Tengah. Hal itu dilakukan mengingat KPU Jawa Tengah juga akan melaksanakan rapat pleno DPTHP 2 direncanakan Selasa (13/11). Kegiatan serupa juga akan digelar KPU RI pada 18 November.

“Data DPTHP 2 memang ada kenaikan disebabkan karena berbagai faktor seperti pemilih baru berusia 17 tahun, pensiunan TNI/Polri, pindah domisili dan sebagainya,” ujar Nuril Huda.

Bertambahnya jumlah pemilih pemilu 2019 sesuai hasil penetapan dalam rapat pleno DPTHP 2 membuat KPU Sukoharjo melakukan penambahan TPS. Pada perencanaan awal sebelumnya ada sebanyak 2.395 TPS namun sekarang tambah tujuh TPS atau menjadi 2.402 TPS.

Lokasi penambahan TPS juga sudah diketahui oleh KPU Sukoharjo dengan mendasarkan data DPTHP 2. Pada pemilu 2019 mendatang satu TPS hanya akan dipakai untuk 300 orang pemilih. Hal itu sesuai dengan ketetapan dari pusat.

“Penambahan tujuh TPS dilakukan di Kecamatan Sukoharjo Kota sebanyak dua TPS dan Kecamatan Baki lima TPS,” lanjutnya.

Anggota Bawaslu Sukoharjo Eko Budiyanto mengatakan, Bawaslu Sukoharjo menerima hasil rapat pleno penetapan DPTHP 2 dengan catatan. Hal itu dilakukan karena masih ada sedikit rekomendasi yang diajukan Bawaslu Sukoharjo soal data pemilih belum semuanya diselesaikan KPU Sukoharjo.

Hasil rapat pleno juga sudah disampaikan Bawaslu Sukoharjo ke Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Catatan yang dilakukan Bawaslu Sukoharjo dibuatkan berita acara dan diharapkan sisa rekomensasi yang belum terselesaikan bisa segera diselesaikan oleh KPU Sukoharjo. (Mam)

Read previous post:
Tewas Terlindas Truk

KARANGANYAR (MERAPI) - Kecelakaan lalu lintas di jalan Karanganyar-Jatipuro, tepatnya di belakang SD Kanisius, Karangbangun, menewaskan siswi SMKN Jatipuro asal

Close