Dana Santunan Kematian Rp l M Per Tahun

Bupati Pati H Haryanto SH MM MSi
Bupati Pati H Haryanto SH MM MSi

PATI (MERAPI) – Pendapatan Pemkab Pati terus bertambah. Hal tersebut dibuktikan dari program pemkab Pati yang memberikan uang duka sebagai pengganti beaya penguburan (perawatan) jenazah warganya yang meninggal dunia, sebesar Rp 1 juta. Dana diserahkan ke ahli waris almarhum/ah.

“Dana tersebut, diharapkan untuk membantu ahli waris orang yang meninggal dunia. Sehingga dapat meringankan sedikit beban mereka”. Demikian diungkapkan bupati Pati, H Haryanto SH MM MSi, Sabtu (10/11).

“Santunan kematian, sebenarnya sudah berlangsung selama lima tahun. Tetapi untuk tahun 2018 ini, anggarannya disediakan sebesar Rp 1 miliar. Uangnya untuk mengganti kebutuhan perawatan jenazah” ujarnya.

Keterangan yang dihimpun, kebutuhan untuk perawatan jenasah sebelum dikebumikan, bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Terdiri untuk pembelian kain kafan (mori), minyak wangi, patok (kayu), sewa ambulance dan bunga.

Sementara itu, Kepala Dinsos Pati, dr H Subawi MM mengungkapkan, hingga minggu pertama bulan November ini, jumlah warga yang meninggal dunia tercatat 732 orang. “Sehingga masih ada sisa Rp 268 juta. Tetapi jika kebutuhannya, misalnya lebih dari Rp 1 miliar, maka pemkab Pati tetap akan memberikan santunan kematian” terangnya.

“Namun kalau dari persediaan Rp 1 miliar itu ada kelebihan, maka sisa anggaran santunan kematian, akan dikembalikan ke kas Pemda,” ucap Subawi.

Pihak Dinsos Pati, tambahnya, sedang merencanakan lagi, adanya penambahan santunan untuk warga yang mengalami kesusahan. “Konsepnya sudah ada. Tetapi saat ini masih dalam tahap penggodokan” kata Subawi merahasiakan. (Cuk)

 

Read previous post:
H SUBARDI SH MH: Maknai Hidup Sebagai Bagian dari Proses

Dalam menjalani kehidupan, setiap orang akan melewati proses panjang. Kemana tujuan hidup sangat tergantung pada yang bersangkutan menjalani proses demi

Close