Wing Chun Jadi Proyeksi Prestasi Indonesia

Pengurus Wing Chun Indonesia beserta panitia, perwakilan Kemenpora, KONI DIY dan beberapa pihak terkait berfoto bersama pada pembukaan Turnamen Wing Chun Indonesia di GOR Among Raga, Yogya, Sabtu (3/11) malam. (MERAPI-BENI WIDYASWORO)
Pengurus Wing Chun Indonesia beserta panitia, perwakilan Kemenpora,
KONI DIY dan beberapa pihak terkait berfoto bersama pada pembukaan
Turnamen Wing Chun Indonesia di GOR Among Raga, Yogya, Sabtu (3/11)
malam. (MERAPI-BENI WIDYASWORO)

 

YOGYA (MERAPI) – Ketika sejumlah atlet dari beberapa cabang olahraga (cabor) mampu mendulang prestasi mentereng di berbagai kejuaraan level internasional, terdapat salah satu cabor yang kini mulai mencuri perhatian dari Indonesia. Adalah wing chun, olahraga bela diri yang pada beberapa tahun terakhir sempat mengharumkan nama bangsa dengan meraih gelar juara umum pada kejuaran internasional.

Sebagai bagian dari pembinaan prestasi serta memasyarakatkan wing chun, panitia Turnamen Wing Chun Indonesia (TWCI) 2018 sengaja memilih Yogyakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan turnamen yang digelar di GOR Among Raga, Yogya, Sabtu dan Minggu (3-4/11).

Terdapat sekitar 400 atlet yang mengikuti kejuaraan tingkat nasional tersebut. Para peserta meliputi atlet perwakilan dari 22 provinsi seluruh Indonesia. Selain itu terdapat 3 negara lain yang berpartisipasi, Malaysia, Spanyol, serta Argentina.

“Olahraga wing chun sudah semakin dikenal. Makanya kami terus rutin menggelar turnamen seperti ini agar bisa mendapatkan atlet-atlet potensial untuk dikirim ke turnamen internasional nantinya. Pada 2016 dan 2017, Indonesia berhasil meraih juara umum. Saya rasa ini prestasi luar biasa yang belum tentu dilakukan oleh cabang olahraga lain di Indonesia,” terang Ketua Umum Federasi Wing Chun Indonesia, Martin Kusuma pada pembukaan Sabtu (3/11) malam.

Sementara itu, Ketua Panitia TWCI 2018, Rudi Hakim menyampaikan bahwa penyelenggaraan turnamen tersebut dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. “Juara di setiap tahun selalu berganti. Ini artinya selalu ada persaingan ketat dari masing-masing kontingen,” terangnya. (Oro)

Read previous post:
DIVISI UTAMA SLEMAN SEMBADA – Wedomartani Tempel PS Kalasan

  SLEMAN (MERAPI) - PS Wedomartani menempel PS Kalasan di puncak klasemen Grup Timur Divisi Utama Sleman Sembada. Kemenangan 1-0

Close