DIBEKUK PERSIRAJA 1-2 -PSS Gagal Curi Poin di Banda Aceh

 

BANDA ACEH (MERAPI) – PSS Sleman harus pulang dengan kepala tertunduk usai dibekap Persiraja Banda Aceh 1-2 di Stadion H Dimurthala Kamis (1/11) sore. Sempat unggul lebih dulu melalui tandukkan Slamet Budiono, PSS kecolongan dua gol di babak kedua yang bertahan hingga pertandingan usai.

Hasil di pekan ke-2 Grup B Babak 8 Besar Liga 2 kemarin membuat PSS kini menghuni dasar klasemen sementara dengan satu poin, tertinggal dua angka dari Persita Tangerang, Madura FC, dan Persiraja.

Di laga kemarin PSS menurunkan duet Jodi Kustiawan dan Ikhwan Ciptady sebagai palang pintu bersama Vandy Prayogo di bek kanan dan Aditya Putra Dewa di bek kiri. Tidak banyak pilihan di lini tengah setelah absennya Dave Mustaine karena akumulasi kartu. Ichsan Pratama, Amarzukih, dan Busari adalah tiga gelandang terbaik yang dimiliki PSS dalam laga kemarin. Sedangkan di lini depan Christian Gonzales kembali diposisikan sebagai striker pemantul bola dengan Slamet Budiono dan Rifal Lastori sebagai pendukung di flank.

Sejak peluit dibunyikan, PSS mendapat tekanan dari tuan rumah. Persiraja mampu menguasai lini tengah. Kreator serangan Persiraja, Zamrony kerap membuat Amarzukih yang bertugas sebagai gelandang jangkar kewalahan. Sejumlah peluang emas tercipta namun kesigapan Ega Rizky mampu mementahkan tembakkan pemain Persiraja. PSS bangkit menit 30. Slamet Budiono lolos dari perangkap offside dan tinggal berhadapan dengan kiper. Sayang tendangannya masih bisa dimentahkan.

Gagal di peluang pertamanya, Budi membayar lunas peluang kedua setelah tandukkannya menerima umpan Aditya Putra Dewa tak bisa dibendung kiper Persiraja. Skor 1-0 membangkitkan semangat para pemain untuk memperbesar keunggulan. Christian Gonzales mendapat peluang emas di akhir babak pertama melalui tendangan keras kaki kirinya. Sayang kecermelangan Halfian di bawah mistar Persiraja membuat Gonzales tampak frustasi.

Di babak kedua, Persiraja langsung memegang kendali permainan. Mereka juga bermain lebih keras dari babak pertama. Gonzales, Busari, dan Slamet Budiono di-‘marking’ ketat sejak lapangan tengah. Empat belas menit babak kedua berjalan, suporter yang memenuhi stadion bersorak setelah Zamzani mampu menaklukkan Ega Rizky usai menerima umpan terobosan Harpini dari luar kotak penalti.

Skor penyeimbang ini direspons Seto dengan memasukkan Rossy Noprihanis menggantikan Slamet. Sayang masuknya Rossy tidak banyak memberi perubahan. Skema serang PSS dari lini sayap selalu mampu dipatahkan barisan pertahanan Persiraja yang dikomandoi Taufiq Kasrun.

Sebaliknya tuan rumah mampu menembus barisan pertahanan PSS. Persiraja nyaris unggul menit 78 andai tandukkan Andre Abu Bakar tidak membentuir mistar gawang. Pertahanan PSS makin lemah di menit akhir babak kedua. Menit 90, Andre yang merangsek masuk ke kotak penalti luput dari penjagaan Jodi dan Ikhwan Ciptady. Tanpa kawalan, pemain bernomor punggung 22 ini melesakkan bola ke sudut kanan gawang Ega Rizky setelah menerima umpan terobosan Zamrony.

Gol telat itu memastikan kemenangan perdana Persiraja di babak 8 besar sekaligus menaikkan posisinya ke peringkat tiga klasemen sementara.

Usai pertandingan, Pelatih PSS, Seto Nurdiantoro mengakui anak-anak asuhnya kesulitan mengembangkan permainan. Kendati begitu, pemainnya mampu mencuri gol di babak pertama.

“Di babak kedua, pemain Persiraja lebih banyak menekan hingga mampu menyamakan kedudukan. Namun di menit akhir, kami kehilangan konsentrasi, sehingga kebobolan. Selain itu, pemain juga tidak bermain seperti biasa,” kata Seto.

Sedang Pelatih Persiraja, Akhyar Ilyas mengaku puas hasil maksimal yang diraih anak asuhnya. Walau di menit akhir babak pertama sempat kecolongan satu gol, namun di babak kedua mampu membobol dua gol ke gawang lawan.

“Para pemain bermain luar biasa. Di babak kedua, banyak peluang yang tercipta. Seharusnya, bisa lebih dari dua gol. Namun, para pemain gagal memanfaatkan sejumlah peluang tersebut,” tambah Akhyar Ilyas. (Des)

 

Klasemen Sementara Grup B Babak 8 Besar

1.Persita   2     1     1     0     4-3   3

2.Madura FC 2     1     0     1     4-3   3

3.Persiraja 2     1     0     1     2-3         3

4.PSS 2     0     1     1     2-3   1

Read previous post:
Semua OPD Kulonprogo Segera Dilengkapi Jaringan Optik Fiber

WATES (MERAPI) - Pembangunan infrastruktur teknologi informasi dengan jaringan Fiber Optic (FO) di Kulonprogo akan segera berjalan. Ditargetkan, pada 2019

Close