Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2018, Razia Ranmor Selektif

Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto menyematkan tanda tugas personel operasi zebra candi 2018. (MERAPI-Abdul Alim)
Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto menyematkan tanda tugas personel operasi zebra candi 2018. (MERAPI-Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Operasi Zebra Candi 2018 menyasar obyek selektif. Para personel di satuan tugas juga ditekankan profesionalisme. Hal itu disampaikan Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Mardiyanto dalam apel gelar pasukan operasi zebra candi 2018 di Mapolres, Selasa (30/10). Pasukan yang terdiri Polri, TNI dan Pemda tersebut bertugas selama 14 hari mulai 30 Oktober-12 November 2018.

“Prioritas dan selektif dalam menjalankan operasi ini sangat ditekankan. Terlebih, ini dalam masa kampanye pemilu 2019,” katanya.

Adapun sasaran operasi kentara di jalan raya berupa pemeriksaan kendaraan bermotor berikut pengemudi. Seperti larangan penggunaan ponsel saat mengemudi, melawan arus lalu lintas, berboncengan lebih dari satu, belum usia cukup berkendara motor, tanpa hell SNI, pemakai narkoba, pemabuk dan kebut-kebutan.

“Ini bagian upaya menciptakan kamseltibcarlantas. Kita tidak bisa hanya berdiam diri mewujudkannya. Untuk menurunkan tingkat pelanggaran, menghindari fatalitas korban lakalantas dan mengedukasi masyarakat,” katanya.

Dalam apel tersebut, pasukan dari instansi terkait disiagakan berikut kendaraan dinasnya. Perwakilannya menerima penyematan tanda tugas oleh Kapolres. Kepada satuan tersebut, Kapolres memintanya menjaga kredibilitas dan profesionalisme. Ia berharap operasi zebra candi tahun ini mampu mendukung terciptanya kondusifitas. Ia membandingkan catatan kejadian di jalan raya pada 2016 dengan 2017. Terdapat penurunan signifikan pada jumlah kecelakaan, korban meninggal dunia, pelanggaran lalu lintas dan penerbitan surat tilang.

“Pada 2017, terdapat 2.097 kejadian, 261 meninggal dunia. Pada 2016, sebanyak 2.960 kejadian dengan 388 meninggal dunia,” katanya.

Operasi lalu lintas yang bertepatan penghujung 2018 bukan tanpa alasan. Diharapkan, momentum Natal 2018 dan tahun baru 2019 bebas dari gangguan ketertiban. Terciptanya kondusifitas di berbagai bidang juga bertujuan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri. (Lim)

Read previous post:
Musibah Lion Air JT 610, Dewan Minta Ada Evaluasi Menejemen Maskapai Penerbangan

PATI (MERAPI) - Kalangan dewan mendesak pemerintah segera mengambil sikap tegas dan mengevaluasi menejemen maskapai penerbangan, supaya tidak menimbulkan musibah.

Close