PERSIAPAN PSS HADAPI PERSIRAJA – Empat Pemain Absen, Rangga Terancam

 

SLEMAN (MERAPI) – PSS Sleman tidak akan tampil dengan kekuatan penuh saat bertandang menghadapi Persiraja Banda Aceh di laga kedua Grup B babak 8 besar Liga 2. Arie Sandy, Bagus Nirwanto, Asraq Gufron, dan Dave Mustaine bakal absen saat kedua tim bentrok di Stadion H Dhimurthala, Kamis (1/11) mendatang.

Bagus Nirwanto, Dave, dan Asraq terkena akumulasi kartu sedangkan Arie Sandy masih berkutat dengan cedera. Selain keempatnya, PSS juga terancam tidak diperkuat Rangga Muslim yang kemarin mendapatkan cedera saat latihan.

Pelatih Kepala PSS, Seto Nurdiyantoro, merespons situasi ini dengan tenang. Absennya Dave bisa ia atasi dengan kembali menurunkan Busari dan menyiapkan Ilham Irhaz sebagai pelapis di bangku cadangan. Sedangkan Amarzukih disiapkan menggantikan peran Arie Sandy. Sebenarnya di bangku cadangan PSS masih ada nama Taufiq Febrianto yang bisa menggantikan Arie Sandy, namun Seto masih belum menaruh kepercayaan pada Taufiq. Dari segi taktikal, Taufiq juga tidak cocok dipasang bersamaan dengan Amarzukih.

“Skenarionya Busari ganti Dave dan Irhaz di cadangan siap-siap main menggantikan Busari. Lalu Amarzukih menggantikan peran Arie Sandy meski keduanya punya gaya permainan yang berbeda. Sebenarnya masih ada Taufiq tapi pengalamannya masih belum banyak di pertandingan yang penuh tekanan besok, jadi saya siapkan Amarzukih saja. Dewa (Aditya Putra Dewa) bisa masuk ganti Bagus Nirwanto. Kalau Rangga Muslim memang masih dipantau, tidak begitu parah sepertinya, tapi kami butuh pemain yang siap dan punya kondisi bagus,” beber Seto Senin (29/10) petang kepada <I>Merapi<P>.

Komposisi ini, khusus di bagian gelandang jangkar, tampaknya akan dipertahankan Seto dalam waktu lama. Pasalnya, kabar buruk dayang dari Arie Sandy yang diprediksi absen selama tiga pekan. Dari hasil MRI yang telah dilakukan dokter tim, Arie Sandy mengalami robek ACL, yaitu robeknya ligamen di tengah lutut. Dokter tim telah menginformasikan ke Tim Pelatih bahwa Arie membutuhkan waktu lama untuk pemulihan. “Benar cederanya lama, sekitar tiga minggu untuk pemulihan awal jadi mau tidak mau Amarzukih yang akan melakukan tugasnya. Saya harap Arie Sandy bisa pulih lebih cepat,” sambung Pelatih asal Kalasan itu.

Namun absennya para pemain pilar ini diakuinya mengganggu konsentrasi latihan. Ia harus mengubah cara bermain PSS ketika bertahan lantaran Arie merupakan faktor kunci dalam memotong aliran bola lawan. Amarzukih sendiri bukan tipikal pemain petarung seperti Arie Sandy. Di lain sisi, Seto juga harus membenahi lini tengah yang masih menyisakan ruang saat bertahan atau ketika transisi dari menyerang ke bertahan. Persiraja sendiri bukan lawan enteng lantaran tim asal Banda Aceh itu tengah mencari poin pertama di babak 8 besar. PR inilah yang harus diselesaikan Seto jelang tiga hari pertandingan.

“Seperti biasa jatah pemain yang dibawa hanya 18. Kami harus mengubah pendekatan dan cara bermain di kandang lawan, salah satu sebabnya karena pemain absen ini. Tapi saya sudah ajak bicara pemain yang kami siapkan menggantikan posisi Dave dan lain-lain agar bisa maksimal dalam pertandingan. Kami tidak muluk-muluk, cukup curi poin di sana,” tegas Seto. (Des)

Read previous post:
KOMPETISI PSSI YOGYA – Satria Akprind Catatkan Kemenangan Ketiga

  YOGYA (MERAPI) - Tren positif Satria Akprind berlanjut setelah mencatatkan kemenangan ketiga dalam lanjutan Liga 2 Kompetisi Askot PSSI

Close