Jelang Musim Hujan, BPBD Pastikan Kesiapan Peralatan Lapangan

Pengecekan peralatan lapangannoleh personel BPBD Karanganyar. (MERAPI-Abdul Alim)
Pengecekan peralatan lapangannoleh personel BPBD Karanganyar. (MERAPI-Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar mengecek seluruh peralatan petugas lapangan dalam rangka memastikan kesiapan operasional. Pemeriksaan kesiapan meliputi fungsi standar alat tersebut dan inventarisasi rutin.

“Menindaklanjuti informasi BMKG terkait curah hujan per 1 November, dimana musim penghujan mulai dirasakan sejumlah daerah. Termasuk di Karanganyar. Tingkat kerawanan banjir dan longsor perlu diperhatikan. Maka dari itu, kami menyiapkan segala sesuatu. Termasuk peralatan petugas lapangan,” kata Sekretaris BPBD Karanganyar, Hendro Prayitno mewakili Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko, kemarin.

Pengecekan alat dikerjakan mandiri personel BPBD di gudang penyimpanan. Adapun peralatan lapangan itu gergaji mesin, kapak, tali temali, selang, mesin diesel, baju tahan api, sepatu karet dan sebagainya. Dikatakannya, peralatan tersebut sebenarnya rutin dicek per bulan. Namun untuk kesiapan menghadapi musim penghujan, fungsi alat bermesin lebih diseriusi.

“Terutama yang alat pendukung operasi penanganan banjir dan longsor. Alhamdulilah, tadi setelah dicek, masih bagus,” katanya.

Ia mengatakan, peralatan tersebut merupakan pengadaan bersumber APBD pada tahun sebelumnya. Jumlahnya pun masih lengkap dan belum perlu ditambah lagi.
“Peralatan itu disimpan di gudang. Masih ada alat elektronik seperti radio komunikasi yang tersebar di posko-posko. Terkait itu, dirawat oleh personel. Paling hanya ganti baterai,” katanya. (Lim)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Dukungan Warga Dalam TMMD Sangat Luar Biasa

GAMPING (MERAPI) – TMMD Reguler Ke-103 TA. 2018 yang dilaksanakan di Desa Balecatur Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman, menorehkan kenangan dan

Close