PEMUDA PENGANGGURAN DITANGKAP-Jual Motor Pacar untuk Bayar Utang

MERAPI-SAMENTO SIHONO Barang bukti sepeda motor milik korban yang dibawa kabur pelaku
MERAPI-SAMENTO SIHONO
Barang bukti sepeda motor milik korban yang dibawa kabur pelaku

GAMPING (MERAPI)- Gara-gara terlilit utang, seorang pemuda penggangguran, AK (21) warga Wonosari, Gunungkidul memilih jalan pintas. Dia nekat menjual motor pacarnya, Anugrahati (30) warga Kajor, Nogotirto, Gamping, Sleman. Di luar dugaannya, korban tak terima tindakannya hingga melapor polisi. Pelaku akhirnya ditangkap.
Kapolsek Gamping Kompol Hendri Murti kepada wartawan, Rabu (17/10) mengatakan, pelaku ditangkap tim buser pimpinan Kanit Reskrim Iptu Fendi Timur di daerah Kota Yogya.
“Pelaku kita tangkap di Kota Yogyakarta setelah korban melapor ke Polsek Gamping. Meksi pelaku merupakan pacarnya sendiri, namun korban merasa ditipu AK,” kata Hendri Murti.
Kompol Hendri Murti menjelaskan, peristiwa itu bermula saat pelaku dan korban berkenalan melalui media sosial Facebook setahun lalu. Setelah melakukan komunikasi secara intens, akhirnya keduanya menjalin hubungan asmara.
Bahkan seiring berjalanya waktu, pelaku sering bertandang ke rumah korban di Gamping. Akhir pekan lalu, pelaku datang ke rumah korban dan berdalih meminjam motor Honda Vario Nopol AB 6238 RQ miliknya.

Tanpa menaruh curiga, korban memberikan motor beserta sutar-suratnya. Tapi setelah beberapa hari, motor tak kunjung dikembalikan. Bahkan, pelaku tak bisa dihubungi korban dan menghilang bak ditelan bumi.
“Setelah beberapa hari menghilang dan tak dikembalikan, korban akhirnya berhasil mengontak pelaku. Saat itu pelaku mengaku kalau motor telah dijual Rp 8 juta. Korban juga dijanjikan akan diberikan Rp 5 juta, tapi karena tak juga diberi akhirnya korban melapor ke Polsek,” jelasnya.
Iptu Fendi Timur menambahkan, korban dengan mudah mempercayai pelaku lantaran ia dijanjikan akan dinikahi. Namun dari hasil penyelidikan, hal tersebut hanya digunakan dalih pelaku untuk melakukan penipuan terhadap korban. Setelah dicari beberapa hari, pelaku akhirnya berhasil dibekuk.

“Korban memang dijanjikan akan dinikahi oleh pelaku sehingga ia percaya saja saat pelaku pinjam motor. Saat ini pelaku sudah dilakukan penahanan,” tandasnya.
Sementara pelaku AK mengaku terpaksa mencuri motor lantaran terjerat utang. “Rencananya buat bayar utang, sisanya buat keperluan sehari-hari,” cetus AK.
Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini pelaku harus mendekam di sel tahanan Polsek Gamping. Pelaku dijerat dengan pasal 352 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun kurungan penjara. (Shn)

Read previous post:
MANAJEMEN PSIM MASIH PERTIMBANGKAN – 4 Pemain Pilar Diminati Klub Lain

  YOGYA (MERAPI) - Mengawali kompetisi dengan minus 9 poin, PSIM Yogya akhirnya berhasil mengakhiri kompetisi dengan bertahan di kasta

Close