BABAK 8 BESAR LIGA 2 – PSS Tergabung di Grup B, Persis Tersingkir

 

SLEMAN (MERAPI) – PSS Sleman harus segera bersiap menghadapi babak 8 besar Liga 2 Indonesia musim 2018. Laskar Sembada sebagai juara Wilayah Timur akan bergabung di Grup B bersama ‘runner up’ Wilayah Barat yang ditempati Persita Tangerang, peringkat keempat Wilayah Barat yang diisi Aceh United serta peringkat ketiga Wilayah Timur antara Madura FC atau Kalteng Putra. Klasemen selengkapnya bisa dilihat di Data-Agenda.

Peringkat ketiga Wilayah Timur baru akan ketahuan sesudah laga PSIM Yogya melawan Madura FC di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (16/10) sore ini. Jika Madura FC kalah maka akan menempati peringkat ketiga dengan nilai 39 di bawah Kalteng Putra yang memiliki poin sama namun unggul ‘head to head’. Namun jika Madura FC minimal bermain imbang maka nilainya menjadi 40 dan naik ke peringkat kedua menggeser Kalteng Putra.

Sedang Grup A babak 8 besar akan diisi Semen Padang (juara Wilayah Barat), Persiraja Banda Aceh (peringkat ketiga Wilayah Barat), ‘runner up’ Wilayah Timur (Kalteng Putra/Madura FC) serta PS Mojokerto Putra (penghuni peringkat keempat Wilayah Timur).

Nasib tragis dialami Persis Solo yang gagal ke babak 8 besar menyusul kekalahan 0-1 dari tuan rumah Semen Padang, kemarin. Memiliki nilai sama dengan Persita, Persiraja dan Aceh United namun kalah ‘head to head’ membuat tim kebanggaan Pasoepati ini tersingkir. Padahal nyaris sepanjang babak penyisihan grup (hingga pekan ke-21) menempati posisi kedua menguntit Semen Padang.

Babak 8 besar menggunakan sistem kompetisi penuh, kandang dan tandang. Juara dan ‘runner up’ masing-masing grup berhak melaju ke babak semifinal yang menggunakan sistem ‘single match’.

Sementara itu enam tim juga sudah dipastikan terdegradasi ke Liga 3 usai pekan ke-22 kemarin. Meski masih menyisakan satu pertandingan antara PSIM melawan Madura FC sore ini namun hasilnya tak berpengaruh terhadap tim yang terdegradasi.

Dari Wilayah Barat, Persika Karawang, Persik Kendal dan PSIR Rembang menjadi tiga tim terbawah yang turun kasta. Sedang dari Wilayah Timur, Persegres Gresik United, Persigo Semeru FC Lumajang dan Persiwa Wamena musim depan harus bermain di Liga 3. Persegres yang musim lalu bermain di kasta tertinggi yakni Liga 1, sebenarnya memiliki nilai sama dengan PSBS Biak yakni 26 namun kalah secara ‘head to head’. (Nef)

Read previous post:
MERAPI-NOOR RIZKA Tersangka Nv alias Nopek
Pembunuh Siswi SD di Kali Winongo Naksir Korban

YOGYA (MERAPI) -Pembunuh siswi kelas VI SD, Am (10) warga Jatimulyo, Kricak, Tegalrejo, Yogya yang mayatnya ditemukan mengapung di Kali

Close