Antisipasi Hoaks Pemilu, Polda Gencarkan Patroli Cyber

DEPOK (MERAPI)- Tahun 2019 mendatang, Bangsa Indonesia akan menylenggarakan pesta demokrasi bertajuk pemilihan umum. Salah satu yang diwaspadai dan berpotensi merusak persatuan bangsa adalah beredarnya berita bohong atau hoaks terkait pemilu.
Untuk mencegah berita hoaks bersliweran, Polda DIY menggencarkan patroli cyber. Tujuannya untuk menekan potensi penyebaran hoaks selama masa kampanye pemilu 2019. Patroli cyber dilakukan untuk mengurangi keresahan masyarakat akibat hoaks.
“Apalagi sekarang ini hoaks disebarkan secara digital. Harus ada patroli cyber supaya tidak menyebarkan berita bohong agar tidak menimbulkan perpecahan dalam masyarakat,” ujar Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto kepada wartawan, Jumat (12/10).

Selain melakukan pengawasan pada informasi digital yang beredar, kata dia, melalui patroli cyber pihaknya juga sekaligus meluruskan hoaks yang terlanjur beredar, sehingga tidak makin beredar luas.
“Melalui patroli cyber ini, kita mencari kata kunci dengan mesin pencari. Lalu kita cek satu-satu itu yang muncul dari kata kunci. Kita pantau, dan kita jadikan temuan,” jelasnya.
Kalau nantinya ditemukan informasi tidak benar, nantinya akan segera dilakukan intervensi. “Kami ikut komentar juga di sana, sekalian memberikan klarifikasi tentang berita itu. Kalau tidak ada klasifikasi kan bisa meresahkan masyarakat,” tandasnya.
Terkait penyebaran berita hoaks di Yogya, menurut dirinya, sampai saat ini belum terlihat penyebarannya. Untuk itu dia mengimbau kepada masyarakat agar menangkal berita hoaks tersebut dengan mencermati terlebih dahulu informasi yang berkembang.
“Kami punya tim patroli cyber, akan melakukan patroli cyber memonitor berita yang dinilai mengganggu. Antisipasi dan tindakan sesuai peraturan masing-masing,” pungkasnya. (Shn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Senangnya Berkunjung ke Monumen Rumah Sandi

PAGI nan cerah dan udara segar dapat dirasakan di kawasan Dukuh Purwoharjo Samigaluh Kulonprogo. Suasana ini pun dapat dirasakan di

Close