TERTANGKAP TANGAN KORBAN- Pencuri Burung Ngaku Butuh Uang

 

Terdakwa saat memberi keterangan di muka persidangan PN Bantul.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Terdakwa saat memberi keterangan di muka persidangan PN Bantul.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Terdakwa DAS (37) warga Bantul mengaku mencuri burung anis kembang milik saksi korban Dimas Nur Saputro di Perum Madukismo Kasihan Bantul karena butuh uang. Karena tak memiliki pekerjaan tetap membuat terdakwa terpaksa melakukan pencurian.

“Saya lagi butuh uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk itu terpaksa saya mencuri burung karena kalau dijual harganya mahal,” ujar terdakwa di hadapan majelis hakim diketuai Subagyo SH MHum di persidangan Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Selasa (9/10).

Tetapi terdakwa khilaf kalau perbuatannya tersebut melanggar pidana. Untuk itu terdakwa menyesal dan meminta keringanan hukuman karena memiliki tanggungan keluarga.

Sebelumnya terdakwa pada Minggu 22 Maret 2018 pukul 08.15 mengendarai sepeda motor Honda Vario bermaksud jalan-jalan untuk mencari sasaran pencurian. Saat melintas di kompleks selatan Perumahan Pabrik Madukismo terdakwa melihat burung jenis anis kembang warna kepala coklat dada putih trotol sayap hitam ekor hitam dalam sangkar kayu warna coklat sedang dijemur di pohon.
Melihat hal itu timbul niat untuk mengambil dan dijual. Selanjutnya terdakwa turun dari sepeda motor langsung berjalan masuk ke halaman rumah saksi korban dan mengambil burung.

Pada waktu terdakwa hendak pergi dan menyalakan sepeda motornya, saksi korban langsung mengejar dan berteriak maling. Akhirnya terdakwa berhasil ditangkap kemudian diserahkan ke Polsek Kasihan.
Dari aksi pencurian itu saksi korban mengalami kerugian sebesar Rp 3,5 juta. Perbuatan terdakwa diancam pidana dalam pasal 362 KUHP. (C-5)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Baharuddin Kamba (Merapi-Istimewa)
JCW Desak Usut Dugaan Pungli di Lahan NYIA

  YOGYA (MERAPI) - Jogja Corruption Watch (JCW) menilai kasus dugaan pungutan liar (pungli) dan pemotongan dana kompensasi pembebasan lahan

Close