GADIS CANTIK TEKOR RP 31 JUTA-Kepincut Jadi Artis Malah Tertipu

DEPOK (MERAPI)- Seorang gadis asal Purbalingga, CK tertipu usai dijanjikan menjadi artis oleh EG warga Surabaya yang dikenalnya lewat media sosial. Tak tanggung-tanggung, EG berhasil meraup keuntungan senilai Rp 31 juta dari korban. Dia pun akhirnya berhasil dibekuk Tim Progo Sakti Polda DIY, Rabu (3/10) malam.
“Total kerugian yang dialami korban mencapai Rp 31 juta,” kata Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto kepada wartawan, Kamis (4/10).
Dijelaskan Yulianto, peristiwa tersebut bermula saat korban berkenalan dengan pelaku melalui media sosial beberapa waktu lalu. Saat itu korban dijanjikan oleh pelaku akan dijadikan artis. Janji manis pelaku berhasil membuat korban kepincut.
Mengetahui korban terperdaya dengan aksi tipu-tipu yang akan dilakukannya, pelaku mengajak korban bertemu di sebuah tempat di Yogya. Saat itu, pelaku meminta korban membayar sejumlah uang untuk memuluskan langkahnya menjadi artis. Namun korban hanya membawa uang Rp 10 juta. Pelaku pun akhirnya menyanggupi asalkan korban juga menyerahkan laptop dan kamera digital. Totalnya senilai Rp 31 juta.

Setelah ditunggu beberapa waktu, janji menjadi artis tak terealisasi. Bahkan, pelaku justru menghilang dan korban tak bisa mengontaknya.
Setelah sadar menjadi korban penipuan, wanita cantik itu lantas melapor ke SPKT Polda DIY. Atas kejadian itu, Tim 2 Resmob Progo Sakti Polda DIY, yang dipimpin Iptu Rony Prasadana lantas melakukan penyelidikan.
Pelaku diburu. Setelah beberapa waktu jadi buron, pelaku akhirnya tercium petugas berada di Bandara Adisucipto Yogya pada Rabu (3/10) malam. Petugas tak membuang kesempatan ini. Pelaku dibekuk beserta uang hasil kejahatan dan handphone sebagai barang bukti.
“Pelaku saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polda DIY. Kalau ada masyarakat yang pernah ketipu dengan modus pelaku, silakan melapor ke Polda DIY,” kata Yulianto.
Guna menghindari kejadian serupa, Yulianto mengimbau pada masyarakat untuk waspada terhadap seseorang yang baru dikenal di medsos. Pasalnya aksi penipuan dengan modus hampir sama sering terjadi di berbagai wilayah.
“Masyarakat harus cerdas menggunakan media sosial, jangan terbujuk rayu seperti itu dan harus kroscek dulu kebenarannya,” imbaunya. (Shn)

Read previous post:
SATGAS KEMANUSIAN PALU-DONGGALA-Korem Pamungkas Siagakan Prajurit Yon 403/WP

KOMANDO Resor Militer (Korem) 072/Pamungkas Yogyakarta menyiagakan 320 personel dari Yonif 403/WP untuk diberangkatkan sebagai Satuan Tugas (Satgas) Kemanusiaan ke

Close