BEKUK TUAN RUMAH SEMERU FC 1-0 – PSS Melangkah ke Babak 8 Besar

 

LUMAJANG (MERAPI) – PSS Sleman sukses melangkah ke babak 8 Besar Liga 2 usai menaklukkan Semeru FC 0-1 di Stadion Semeru Minggu (30/9). Poin penuh yang diraih berkat gol tunggal Slamet Budiono dalam laga kemarin membuat PSS mengumpulkan 40 poin di puncak klasemen sementara, berjarak empat poin dari Madura FC di peringkat dua setelah ditahan imbang Martapura FC 0-0, Sabtu (29/9) lalu.

 

Poin PSS yang kini sisa menyisakan tiga pertandingan di putaran dua tak terkejar meski di tiga pertandingan terakhir menuai kekalahan.

 

“Pekerjaan kami jadi lebih mudah, tapi kami enggak mau melepas pertandingan selanjutnya. Target bisa menang dari dua laga ‘away’, ini baru yang pertama, masih ada dua pertandingan tandang lagi, lawan Blitar United lalu PSMP. Kami akan berusaha maksimal. Soal pertandingan tadi (kemarin), motivasi dan semangat dari tim tuan rumah tidak bisa kami anggap enteng. Mereka termasuk tim yang ngotot. Kami bersyukur bisa menang,” kata Seto Nurdiyantoro, Pelatih Kepala PSS usai pertandingan.

 

Di awal laga PSS menurunkan duet Zamzani dan Rian Miziar di jantung pertahanan. Seto menyimpan Ilham Irhaz di bangku cadangan dan menurunkan trio Arie Sandy, Amarzukih, dan Ichsan Pratama menggalang lini tengah. Ichsan berperan sebagai gelandang ‘box to box’ sedangkan Amarzkuih mengatur serangan. Di depan, Rangga Muslim kembali setelah di laga sebelumnya absen karena akumulasi kartu.

 

PSS mutlak menguasai jalannya babak pertama. Baru tiga menit laga berjalan, PSS sudah mengancam gawang Semeru melalui tendangan jarak jauh Bagus Nirwanto. Tiga menit berselang giliran Rifal Lastori yang nyaris mengubah skor andai tendangannya tak ditepis kiper tuan rumah.

 

Keputusan Seto dengan menempatkan Amarzukih sebagai pengatur serangan cukup tepat. Umpan terobosan eks pemain Persija Jakarta ini mampu memperdaya para bek Semeru. Menit 12, kerjasamanya dengan Rifal Lastori yang mengirimkan umpan ‘crossing’ ke kotak penalti memberikan peluang emas pada Christian Gonzales. Sayang tandukkan pemain berusia 42 tahun itu masih melebar di atas mistar gawang. Pergerakkan Gonzales yang berbahaya di depan kotak penalti berbuah tendangan bebas menit 16. Namun tendangan yang dieksekusi Vandy Prayogo itu hanya membentur tiang gawang.

 

Hingga menit 40, para pemain PSS masih gagal menciptakan gol. Serangan dari lini sayap yang dibangun Rifal Lastori dan Rangga Muslim juga mulai dibaca para bek Semeru. Tuan rumah yang lebih banyak menunggu akhirnya mendapat peluang emas menit 45 setelah pemain depan mereka mampu mengecoh ‘marking’ Zamzani dan hanya berhadapan satu lawan satu dengan Ega Rizky. Beruntung kiper utama Laskar Sembada itu masih sigap mengamankan gawang dan membuat skor masih bertahan tanpa gol di akhir babak pertama.

 

Di awal babak kedua Semeru mulai berinisitif menyerang sejak awal. Selama 10 menit babak kedua serangan mereka kerap mengancam gawang Ega Rizky. PSS baru bisa membalas serangan menit 61 melalui akselerasi Rangga Muslim yang masih belum bisa diselesaikan dengan baik saat berhadapan dengan kiper lawan. Seto pun memasukkan Ilham Irhaz menggantikan Amarzukih yang mulai kelelahan di menit 64. Masuknya Irhaz memberi perubahan pada gaya main PSS yang kembali mampu menguasai bola. Namun umpan-umpan ‘crossing’ dari lini sayap masih mudah dipatahkan Semeru FC.

 

Tampaknya Seto mulai tak sabar dengan perkembangan di lapangan. Menit 71 ia memasukkan Slamet Budiono menggantikan Rifal Lastori. Laga kemarin merupakan penampilan perdana top skor sementara PSS itu setelah absen dalam lima laga Liga 2. Masuknya Budi menambah agresivitas PSS. Menit 78, pemain lincah ini mampu memecah kebuntuan lini depan Laskar Sembada melalui gol spekatakuler dengan melewati dua pemain lawan yang diakhiri tembakan keras yang tak mampu ditahan kiper lawan. Slamet Budiono nyaris menggandakan gol menit 87 melalui cara sama namun masih bisa ditahan kiper. Hingga usai pertandingan skor tak berubah.

 

“Saya lihat Budi siap untuk main dan sudah gatal sekali. Yang paling spesial dia bikin gol saat performa pertama setelah cedera, sempat ketar-ketir waktu dia ke pinggir lapangan mendapat perawatan, beruntung tidak apa-apa,” tambah Seto. (Des)

Read previous post:
Kulonprogo Kembangkan Beras Premium 200 Hektare

WATES (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Kulonprogo akan mengembangkan kawasan beras premium seluas 200 hektare di Desa Jatisarono Kecamatan Nanggulan, dalam

Close