PSS KE LUMAJANG HARI INI – Kompetisi Liga 2 Jalan Terus

 

SLEMAN (MERAPI) – Liga 2 dipastikan tidak akan mengalami penundaan. Kepastian ini diinformasikan pihak PSSI ke pada manajemen klub melalui surat yang ditandatangi Sekjen PSSI Ratu Tisha. Isi surat memuat penjelasan bahwa keputusan pembekuan kompetisi ditujukan hanya untuk kompetisi Liga 1 senior.

 

Sedangkan kompetisi lain di bawah naungan PSSI tetap berjalan seperti ketentuan yang berlaku. Manajer PSS Sleman, Sismantoro, kepada <I>Merapi<P>, Kamis (27/9) pagi mengonfirmasi kebenaran surat tersebut.

Sismantoro membeberkan pihaknya juga sudah melakukan konfirmasi terhadap beredarnya surat tersebut ke pihak PSSI. Adanya kepastian lanjutnya Liga 2 bagi manajemen cukup melegakan karena tidak perlu mengantisipasi efek negatif andai pembekuan juga merembet ke kasta kedua Liga Indonesia tersebut.

 

“Liga 2 terus lanjut, yang kena pembekuan hanya Liga 1 senior. PSSI sudah memberitahukan lewat surat resmi dan sudah kami terima juga, jadi PSS akan tandang ke Lumajang. Rencana berangkat Jumat ke sana. Kami bisa tenang dan kembali fokus menjalankan program yang ada,” beber Sismantoro.

 

Tim Pelatih pun segera menggeber latihan ringan sebelum berangkat ke Lumajang menghadapi Semeru FC dalam lanjutan Liga 2 Grup Timur pekan ke-19. Seto Nurdiyantoro, Pelatih Kepala PSS, menargetkan para pemain hanya berlatih ringan memulihkan kondisi fisik sebelum berangkat ke Lumajang. Setelah sampai di Lumajang, Seto akan mengistirahatkan para pemain lalu kembali menggeber latihan saat uji coba lapangan. Pertandingan sendiri akan digelar Minggu (30/9) lusa.

 

“Kami cuma punya waktu lima hari setelah tanding di kandang. Itu belum cukup sebenarnya untuk memulihkan kondisi pemain, tapi kami programkan agar berlatih ringan, tidak eksplosif karena skuad yang ada sekarang terbatas. Banyak pemain cedera. Padahal sisa pertandingan di putaran dua penting semua dan tekanan tambah berat. Kami harus pintar mengatur program,” kata Seto.

 

Tim Pelatih masih belum tahu akan membawa berapa pemain ke Lumajang. Namun sampai saat ini ada 18 pemain yang akan disiapkan menuju kandang tim yang dibesut Putut Wijanarko itu. Lagi-lagi Seto belum bisa menurunkan Slamet Budiono, Dave Mustaine, dan Adi Nugroho yang masih dibekap cedera. Meski Slamet dan Dave Mustaine sudah bergabung di bawah pengawasan Seto, pelatih asal Kalasan ini enggan mengambil risiko menurunkan mereka.

 

Ia tak mau kehilangan keduanya lagi di babak 8 besar karena dua penggawa Laskar Sembada ini sering mendapat tekel keras dari lawan. Apalagi PSS akan bertandang ke Semeru dan Blitar United yang terkenal dengan permainan kerasnya.

 

Seto pun meminta para pemain fokus untuk pertandingan lusa. Wajar, selain bertanding di bawah tekanan lawan lalu kondisi lapangan buruk akibat masih dibangunnya Stadion Semeru, PSS terancam tidak bisa disaksikan suporter fanatik mereka. Pihak Panpel Semeru sejak Senin (24/9) mengeluarkan surat imbauan yang juga dikirimkan pada PSSI yang meminta suporter PSS tak datang ke Lumajang. Alasannya karena saran dari pihak keamanan setelah melihat terbatasnya tribun di stadion yang baru setengah rampung. Pihak keamanan melihat adanya kemungkinan gesekan antarsuporter bisa terjadi.

 

“Kami mau para pemain fokus benar untuk di lapangan. Tidak usah memikirkan hal-hal di luar lapangan. Kondisi lapangannya mungkin tidak sama dengan yang di Maguwo, jadi saat uji coba lapangan kita bisa meraba mau bagaimana pendekatan taktik dan strategi. Mental para pemain saat ini saya kira mulai membaik, tidak masalah dengan kondisi apapun,” sambung Seto.

 

Tim Pelatih tidak banyak melakukan perubahan tugas pemain dalam pertandingan lusa. Christian Gonzales misalnya, masih dipercaya sebagai algojo tendangan penalti meski eksekusi terakhirnya gagal berbuah gol saat melawan Kalteng Putra. Namun dalam pertandingan ia akan menyerahkan keputusan pada Gonzales.

 

“Penalti itu persoalan mental, kalau Gonzales siap maka ambil kalau tidak siap dia bisa serahkan ke pemain lain. Pelapis untuk penalti sekarang masih dua, Ichsan dan Bagus Nirwanto. Tapi untuk yang pertama saya masih percaya dengan dia (Gonzales),” tegas Seto. (Des)

Read previous post:
Genteng Keramik Makin Diminati

MAYORITAS bangunan membutuhkan atap genteng, mulai rumah tinggal pribadi sampai perkantoran. Alasan seperti ini menjadi penyemangat tersendiri bagi pemilik usaha

Close