Pemkab Sleman Atur APK

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Rakor penentuan titik pemasangan APK di desa dan kecamatan.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Rakor penentuan titik pemasangan APK di desa dan kecamatan.

SLEMAN (MERAPI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tentang Alat Peraga Kampanye (APK). Perbup Nomor 27 Tahun 2018 tersebut akan dijadikan acuan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menentukan titik mana saja yang boleh dan tidak boleh ada APK.

Dalam Perbup itu disebutkan, beberapa lokasi larangan untuk lokasi kampanye dan pemasangan APK. Seperti tempat ibadah, rumah sakit, sekolah dan fasilitas pendidikan yang lain.

“Beberapa fasilitas publik milik pemerintah juga terlarang untuk pemasangan APK. Seperti Stadiun Tridadi, Stadion Maguwoharjo, Lapangan Pemda serta Lapangan Tridadi. Harapannya, semua peserta Pemilu dapat mematuhi aturan yang ada. Jangan sampai membuat masyarakat tidak nyaman,” ujar Asekda I Pemkab Sleman Purwatno Widodo dalam Rakor penentuan titik pemasangan APK di desa dan kecamatan yang berlangsung di Aula Lantai III Setda Sleman, Selasa (25/9).

Sesuai tahapan, masa kampanye Pemilu 2019 sendiri sudah berlangsung sejak tanggal 23 September 2018 atau tiga hari pasca penetapan Daftar Pemilih Tetap (DCT). Dari KPU akan menfasilitasi sejumlah APK.

Seperti baliho dan spanduk bagi peserta Pemilu, parpol, anggota DPD serta capres cawapres. APK-APK tersebut akan ditempatkan di beberapa lokasi strategis. Untuk itu, KPU berkoordinasi dengan Pemkab Sleman titik mana saja yang boleh dan tidak boleh.

“Dari KPU hanya menfasilitasi atau menyediakan saja. Untuk pemasangan APK dan perawatan kita serahkan ke peserta Pemilu,” kata Komisioner KPU
Sleman Divisi Keungan, Umum dan Logistik Aswino Wardana.

Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 28 tentang perubahan PKPU nomor 23, KPU akan menfasilitasi APK untuk Pemilu 2019. Dijelaskan, APK yang akan difasilitasi adalah baliho dan spanduk.

Untuk pasangan capres dan cawapres, KPU akan menfasilitasi maksimal 10 baliho dan 16 spanduk untuk satu pasangan. Hal serupa juga berlaku untuk Parpol. Sedangkan untuk DPD, KPU hanya menfasilitasi 10 spanduk. (Awh)

Read previous post:
LOMBA SENI SUARA BURUNG BERKICAU PIALA RAJA HAMENGKU BUWONO X KE-19 – 6000 Burung Berkicau Berkumpul di Prambanan

PRAMBANAN (MERAPI) - Ribuan burung berkicau meramaikan lapangan pelataran Candi Prambanan, untuk mengikuti lomba seni suara burung berkicau Piala Raja

Close