Hari Ini Mulai Dibuka, Pendaftar CPNS Diminta Cermat Isi Data

Sebanyak 14 PNS jabatan fungsional di Pemkot Yogyakarta diambil sumpah dan dilantik Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. (MERAPI-TRI DARMIYATI)
PNS jabatan fungsional di Pemkot Yogyakarta diambil sumpah dan dilantik. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

UMBULHARJO (MERAPI) – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai dibuka Rabu (26/9) hari ini hingga 10 Oktober 2019. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://sscn.bkn.go.id. Para pendaftar diminta cermat dalam mengisi data karena jika sudah disimpan tapi ada kekeliruan tidak dapat diperbaiki.

Sekda Pemkot Yogyakarta Titik Sulastri mengutarakan, melalui surat pengumuman tentang kebutuhan aparatur sipil negara di Pemkot Yogyakarta tahun 2018 menyatakan, pelamar CPNS diminta cermat saat mendaftarkan secara online. Petunjuk keterangan dan pemberitahuan dalam pendaftaran online harus dibaca dan dicermati.

“Pastikan pengisian semua data dilakukan dengan benar. Itu karena data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah,” kata Titik, Selasa (25/9).

Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon pelamar CPNS Pemkot Yogyakarta wajib mempersiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga dan NIK Kepala Keluarga. Pendaftaran dilakukan dalam 2 tahap yaitu pendaftaran awal untuk akun calon peserta dan dilanjutkan dengan pendaftaran formasi jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan dalam pengumuman.

Pihaknya menegaskan semua informasi atau data yang disikan dalam formulir pendaftaran CPNS harus berdsarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawakan. “Jika data yang diisikan tidak benar, maka pelamar dinyatakan gugur dan tidak proses lebih lanjut,” tegasnya.

Setelah pendaftaran dilakukan seleksi administrasi dan hasilnya akan diumumkan pada 17 Oktober 2018. Peserta yang lolos akan mengikut Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT). Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan di Graha Wana Bhakti.

Pada tahun 2018 ini Pemkot Yogyakarta membuka lowongan untuk 343 formasi CPNS. Dengan rincian dari formasi umum 112 tenaga guru, 153 tenaga kesehatan dan 75 tenaga teknis. Sedangkan dari formasi khusus eks tenaga honorer K2 hanya 3 tenaga guru dan disabilitas 2 orang. Syarat disabilitas yang mendaftar mengalami keterbatasan fisik, kerusakan pada fungsi gerak karena kecelakaan atau pembawaan sejak lahir dan masih dapat melaksanakan tugas jabatannya sehari-hari.

Sebelumnya mengatakan Pemkot Yogyakarta mengusulan formasi CPNS 2018 ke pemerintah pusat sesuai kebutuhan sebanyak 813 formasi. Tapi hanya disetujui sejumlah yang telah diumumkan. (Tri)

Read previous post:
Pamit ke Ladang, Mbah Leginem Ditemukan Tewas

KALIBAWANG (MERAPI) - Seorang nenek warga Dusun Gerpule, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo, Leginem (70), ditemukan tewas di saluran air

Close