Aquatic Science Park Segera Dibangun di Giwangan 

Taman Pintar 2 segera dibangun di Giwangan Yogyakarta.
Taman Pintar 2 segera dibangun di Giwangan Yogyakarta.

UMBULHARJO (MERAPI) – Pembangunan taman pengetahuan air atau <I>Aquatic Science Park<P> di Giwangan Umbulharjo Yogyakarta akan dilakukan bertahap. Tahun ini pembangunan taman yang juga disebut Taman Pintar 2 itu kini dalam proses penyusunan dokumen analisis dampak lingkungan (amdal).

Pada tahap awal pembangunan fisik akan dimulai pada tahun 2019 berupa pembangunan embung. “Saat ini masih amdal sedang dalam proses di Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Tahun ini targetnya amdal keseluruhan rencana Aquatic Science Park bisa selesai,” kata Kepala Bidang Taman Pintar, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Afia Rosdiana, Senin (24/9).

Penyusunan dokumen amdal Aqutic Science Park tersebut telah dianggarkan dengan dana sekitar Rp 535 juta. Lingkup kegiatan penyusunan amdal yakni kegiatan amdal, analisis dampak lalu lintas dan kegiatan perizinan izin mendirikan bangunan (IMB) Akuatic Science Park.

“Setelah amdal selesai, selanjutnya pembuatan embung oleh BBWSO mulai tahun 2019. Bangunan-bangunan lainya bertahap di tahun berikutnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan sesuai masterplan area Aquatic Science Park akan menempati lahan seluas sekitar 3,19 hektare di lahan milik Pemkot Yogyakarta di Jalan Tegalturi Giwangan. Untuk luasan embung yang akan dibangun sekitar 1,1 hektare. Selain akan dilengkapi dengan 4 bangunan yakni science center, aquatic science center, cultural center dan gedung penerimaan atau hall.

“Pada gedung Aquatic Science Center konsepnya akan menampilkan pengetahuan mengenai air baik air tawar maupun air laut,” tambah Afi.

Untuk kebutuhan total alokasi anggaran membuat Aquatic Science Park itu pihaknya belum dapat menyampaikan karena Detail Engineering Desing masih berproses. Pembangunan diharapkan tidak hanya dari APBD Kota Yogyakarta, tapi juga didukung anggaran dari pemerintah pusat karena untuk membangun 4 gedung tersebut membutuhkan biaya tidak sedikit.

“Sesuai master plan Aquatic Science Park rencananya sudah beroperasional pada tahun 2022,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono menyatakan, untuk pembangunan embung di Tegalturi sudah disetuju didukung pemerintah pusat. Pada tahun 2018 ini rencana pembangunan embung tersebut memasuki tahap penyusunan DED oleh Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO). (Tri)

Read previous post:
NYAMAR PEMBELI, PELAKU GASAK UANG DAN HP Pencuri Kelabui Nenek Renta

KRATON (MERAPI) - Saat melayani pembeli di warungnya, nenek Sumarjati (77) warga Kadipaten, Kraton, Yogya justru menjadi sasaran empuk pencuri.

Close