Ziarah Makam Soeharto, Panglima TNI Ingatkan Jaga Keutuhan NKRI

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama keluarga besar prajurit ziarah makam Soeharto di Astana Giribangun (AGB), Matesih, Karanganyar. (foto:Abdul Alim)
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama keluarga besar prajurit ziarah makam Soeharto di Astana Giribangun (AGB), Matesih, Karanganyar. (foto:Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan nilai-nilai luhur yang ditinggalkan para tokoh nasional, pantas diteladani. Sebagai generasi penerus, ia dan seluruh prajuritnya berusaha menerapkan nilai tersebut serta berpedoman Sapta Marga TNI. Demikian disampaikan panglima TNI dari satuan angkatan udara itu kepada wartawan usai memimpin ziarah ke makam Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto, di Astana Giribangun (AGB), Kamis (20/9).

“Selalu mengarahkan seluruh prajurit tetap satu tujuan seperti ditanamkan pendahulu. Sesuai doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Itu nafas prajurit TNI. Apabila mempertahankan dua hal itu maka apa yang diharapkan rakyat, keinginan itu tercapai,” ujar dia.

Sapta Marga TNI adalah tujuh pedoman wajib para prajurit dalam berperilaku dan berjuang mempertahankan NKRI. Mereka juga terikat sumpah setia kepada kepada atasan. Ziarah ke makam Soeharto merupakan cara para penerusnya di militer untuk menghormati pimpinan sekaligus mendoakan penyandang gelar jenderal besar itu. Ziarah ke makam para tokoh nasional juga rangkaian acara menyambut HUT ke-73 TNI pada 5 Oktober. Sehari sebelumnya, Rabu (19/9), Panglima TNI bersama rombongan berziarah ke makam Presiden ke-1 RI, Soekarno, di Kota Blitar dan makam Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid, di Jombang. Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di DIY menjadi tujuan berikutnya. “Itu supaya generasi penerus, generasi milenial, menghargai nilai-nilai yang ditanamkan tokoh-tokoh untuk menjaga keutuhan NKRI. Itu yang ingin terus dipertahankan,” tutur dia.

Kedatangan rombongan di AGB disambut Kapolda Jawa Tengah, Irjen (Pol) Condro Kirono, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto dan Danrem 074/Warastratama, Kolonel (Inf) Widi Prasetijono. Dalam rombongan terlihat KSAD Jenderal Mulyono, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna dan KSAL Laksamana Siwi Sukma Aji. Prosesi ziarah dilangsungkan di dalam ruangan Argosari, tempat H.M Soeharto beserta istri dan mertuanya dimakamkan. Usai memanjatkan doa bersama, Panglima TNI didampingi istrinya, menaburkan bunga di atas pusara kemudian diikuti para pejabat. (Lim)

Read previous post:
PARPOL KEBUT SUSUN LADK – Terancam Dicoret Sebagai Peserta Pemilu

SLEMAN (MERAPI) - Jelang masuk masa kampanye, sejumlah partai politik (parpol) mulai mengebut dalam menyusun Laporan Awal Dana Kampanye (LADK).

Close