DITUNTUT 7 TAHUN PENJARA -Pembakar Rumah Minta Keringanan Hukuman

 

Terdakwa saat memohon keringanan hukuman dalam sidang di PN Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Terdakwa saat memohon keringanan hukuman dalam sidang di PN Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Terdakwa residivis pembakar rumah, IA alias Brekele (23) warga Kaligondang Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul meminta keringanan hukuman atas tuntutan jaksa Rudi Dwi Prastyono SH selama 7 tahun penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Kamis (20/9).
“Saya menyesal atas perbuatan saya ini. Untuk itu saya memohon agar majelis hakim memberikan keringanan hukuman,” ujar terdakwa yang telah tiga kali masuk penjara di sela-sela persidangan.

Dalam tuntutan jaksa sebelumnya terungkap, awalnya pada Sabtu 26 Mei 2018 pukul 14.00 terdakwa meminta uang kepada saksi korban ibu kandungnya Tri Iswanti sebesar Rp 75 ribu untuk membeli minuman keras dan diberi. .

Kemudian di hari yang sama pada pukul 17.00, terdakwa mendatangi kembali rumah saksi korban untuk meminta uang Rp 100 ribu. Karena tak memiliki uang permintaan terdakwa tak dikabulkan.
Dengan tanggapan tersebut, terdakwa sakit hati dan emosi sambil mengancam apabila tidak diberi uang maka rumah saksi korban akan dibakar. Selanjutnya mendengar ancaman dari terdakwa, saksi korban pun pergi.

Selanjutnya melihat saksi pergi, terdakwa semakin marah dan emosi sehingga muncul niat untuk melakukan pembakaran. Dikarenakan saksi korban tidak kunjung datang selanjutnya terdakwa mengambil korek api gas dan masuk kedalam kamar tidur saksi korban dan membakar rumah.
Dari perbuatan terdakwa yang membakar tumpukan pakaian mengakibatkan api cepat membesar dan membubung tinggi. Api kemudian membakar atap rumah pada bagian belakang sehingga kayu atap rumah beserta gentengnya yang terbakar jatuh.

Atas perbuatan terdakwa tersebut, saksi korban mengalami kerugian sekira Rp 35 juta. Untuk itu perbuatan terdakwa diancam pidana berdasarkan pasal 187 ke – 2 KUHP. (C-5)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
PENIPU ULUNG KELABUI TKI-Ngaku Polisi, Janji Menikahi, Kuras harta Korban

YOGYA (MERAPI) - Seorang Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di Malaysia, Supiyati (43) asal Banguntapan Bantul, tertipu kenalan barunya yang

Close