MENYERAH 0-3 DARI MARTAPURA FC – ‘False Nine’ Gagal, PSIM Terganjal

 

MARTAPURA (MERAPI) – Strategi ‘false nine’ yang diterapkan PSIM Yogya saat menghadapi Martapura FC pada pertandingan pekan ke-17 Liga 2 Grup Timur musim 2018 di Stadion Demang Lehman Martapura, Rabu (19/9), gagal membawa pulang poin. Skuad Laskar Mataram pun harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 0-3 dan pulang dengan tangan hampa.

 

Tampil tanpa dua pemain andalannya, M Arifin dan Ismail Haris yang mendapat akumulasi kartu, PSIM menerapkan strategi ‘false nine’ tanpa striker murni. Posisi Ismail sebagai ujung tombak digantikan Achmad Setiawan (Wawan Samma) yang biasa beroperasi sebagai gelandang bertahan. Sedangkan posisi bek tengah yang ditinggalkan Arifin, digantikan Nanda Bagus.

 

Dengan komposisi yang sedikit berbeda tersebut, PSIM kesulitan mengembangkan permainan. Martapura FC yang tampil di hadapan publik tuan rumah, bermain agresif dan merepotkan barisan pertahanan PSIM. Tekanan yang dilancarkan Martapura FC membuahkan gol ketika laga memasuki menit 14, setelah sepakan Amirul Mukminin dari luar kotak penalti gagal dihalau kiper PSIM, Ivan Febrianto.

 

Tertinggal satu gol, PSIM berusaha membalas. Namun, kerjasama yang dibangun para pemain PSIM kurang berjalan dengan baik. Sejumlah kesalahan yang dilakukan para pemain PSIM, mampu dimanfaatkan Martapura FC untuk terus menekan.

 

Pada menit 36, Martapura FC mampu menggandakan keunggulan. Rahel Radiansyah mampu menyambar bola liar setelah Ivan menepis tembakan dari pemain Martapura FC. Keunggulan 2-0 untuk tuan rumah bertahan hingga turun minum.

 

Pada babak kedua, PSIM berusaha memperbaiki permainan. Namun, Hendika Arga Permana dan kawan-kawan masih kesulitan dalam mengembangkan permainan. Meski demikian, PSIM mendapat sejumlah peluang seperti sepakan Supriyadi ‘Eeng’ yang masih melambung di atas mistar gawang Martapura FC.

Memasuki sepuluh menit akhir pertandingan, gawang PSIM kembali bergetar untuk ketiga kalinya. Aidil Bogel memaksa Ivan memungut bola dari gawangnya sendiri pada menit 82. Tertinggal tiga gol, PSIM semakin kesulitan mengembangkan permainan. Hingga bubaran, skor 3-0 untuk Martapura FC tak berubah.

 

Dengan hasil tersebut, PSIM tak beranjak dari posisi ke-7 klasemen sementara Liga 2 Grup Timur dengan 22 poin. Sedangkan Martapura FC berada di peringkat ke-5 dengan 26 poin, menggeser Blitar United.

 

“Saya akui memang kami kesulitan keluar dari tekanan. Anak-anak sudah berjuang maksimal dan hasilnya memang jauh dari harapan. Memang Martapura tampil lebih baik dari kami dan mereka layak menang. Kami harus memperbaiki tim di laga selanjutnya,” terang Manajer PSIM, Erwan Hendarwanto usai pertandingan. (Oro)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
KOMPETISI PSSI YOGYA – Orion UAD Ungguli Bharata Mupat

  YOGYA (MERAPI) - Orion UAD berhasil memetik kemenangan perdananya pada kompetisi Liga 1 Askot PSSI Yogya 2018 usai mengungguli

Close