Bahasa Ibu Membentuk Karakter Anak

MERAPI-TEGUH Prof PM Laksono
MERAPI-TEGUH
Prof PM Laksono

PAKUALAMAN (MERAPI) – Berbagai kasus yang melibatkan anak dalam output sosial negatif seperti tindak kekerasan klitih, aksi pelemparan batu, vandalisme, tawuran dan kriminalitas lainnya makin marak terjadi. Hal ini menjadi masalah tersendiri yang harus diselesaikan dalam dunia pendidikan saat ini.

“Perlu kebijakan yang berfokus pada pengembangan karakter mencakup usia dini sampai kelas tiga sekolah dasar, mengingat sensorik anak mulai berkembang di usia itu,” ungkap Prof PM Laksono pada diskusi terbatas di Pura Pakualaman, Rabu (19/9).

Menurut Guru Besar Ilmu Budaya UGM ini, dunia pendidikan saat ini terjebak dalam pola perlombaan nilai. Artinya penggunaan nilai angka yang dijadikan standar prestasi seorang anak didik telah menghambat perkembangan sosial anak. Sehingga perlu adanya kebijakan untuk menyelenggarakan sisten evaluasi proses belajar yang menghindari penggunaan nilai angka agar karakter gotong royong dan apresiasi atau penghargai orang lain.

“Pendidikan kita itu seharusnya membesarkan hati anak dan memerdekakan dari ketakutan dan tidak membuat kecemasan pada anak,” tandas Laksono.

Dalam pandangan dia, lembaga pendidikan perlu melatih anak-anak mampu menceritakan kembali pengalaman yang dilihat, didengar dan dirasakannya dengan menggunakan bahasa ibunya. Sehingga menurut dia, bahasa ibu bagi seorang anak merupakan sesuatu yang penting dalam menumbuh kembangkan kepribadian seorang anak dalam masa pertumbuhannya.

“Saat ini bahasa ibu seperti terabaikan penggunaanya dalam pola asuh keluarga muda saat ini,” tegasnya.

Masalah ke depan yang bakal dihadapi, jika persoalan ini tidak diperhatikan bukan tidak mungkin generasi muda nantinya tercerabut dari akar budayanya. Menurut dia, bahasa ibu memiliki fungsi yang strategis dalam memberikan dasar-dasar kepribadian seorang anak yang nantinya akan tercermin pada karakternya di kemudian hari. (Teguh)

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Situasi simulasi pengamanan Pemilu 2019 oleh TNI dan Polri di Lanud Adisutjipto.
POLDA DIY GELAR SIMULASI PENGAMANAN PEMILU-Siap Tangani Teror Bom hingga Kelompok Bersenjata

DEPOK (MERAPI)- Polda DIY bersama TNI menggelar apel pasukan Operasi Mantap Brata Progo 2018 di Hanggar Shelter D Lanud Adisutjipto

Close