Pemugaran Candi Kedulan Capai 80 %

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Petugas BPCB DIY memugar Candi Kedulan.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Petugas BPCB DIY memugar Candi Kedulan.

SLEMAN (MERAPI) – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY terus melakukan pemugaran Candi Kedulan yang berada di Desa Tirtomartani Kecamatan Kalasan Sleman. Pemugaran yang dimulai Januari 2018 itu saat ini sudah mencapai 80 persen. Saat ini tahap pemugaran sudah sampai pada bagian atap. Sambil terus merapikan pada seluruh bagian bangunan candi. Sejumlah komponen juga sudah dimasukkan ke dalam tubuh candi. Seperti arca Nandi serta Lingga dan Zoni.

“Untuk Arca Mahakala dan Nandiswara yang befungsi sebagai penjaga pintu masuk candi di kanan kiri juga sudah dipasang. Saat ini proses pemugaran tinggal bagian atap candi,” ujar Wiwit Kasyati selaku Kasi Pelestarian Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB DIY, Kamis (13/9).

Candi Kedulan ini memiliki arca yang lengkap. Bagian barat ada Ganesha, utara ada Duga, bagian selatan ada Agastya dan pada bagian timur ada Nandi. Semuanya sudah ada dan lengkap. Tinggal dipasang saja nanti setelah pemugaran selesai. “Ditargetkan Desember sudah selesai,” ujarnya.

Candi Kedulan ini pertama kali ditemukan tahun 1993 yang berada di kedalaman 7 meter dari permukaan tanah Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Setalah dilakukan studi kelayakan, Candi ini layak untuk dipugar. Karena komponen batuannya lengkap. Termasuk arcanya. Hanya saja saat gempa 2006 kemarin, konsentrasi pemugaran bergeser ke Candi Prambanan. Setelah Candi Prambanan selesai dipugar, baru dilanjutkan yang Candi Kedulan. “Tahun ini fokus ke bangunan induk. Tahun depan rencananya kita akan memugar Candi Perwara yang berada di depan candi utama,” jelasnya. (Awh)

Read previous post:
PENETAPAN DPT – KPU Bantul Coret 1.734 Pemilih

BANTUL (MERAPI) - Perbaikan daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU akhir Agustus lalu masih bisa dilakukan. Namun begitu

Close