Pilkades Serentak 61 Desa di Pati


PATI (MERAPI) – Pemkab Pati memastikan akan menggelar Pemilihan Kepala Desa Serentak pada pertengahan bulan Desember mendatang. Batangan merupakan kecamatan yang tidak menyelenggarakan pilkades. “Ada 61 desa yang berada di 20 kecamatan yang akan menyelenggarakan pilkades”. Demikian diungkapkan Bupati Pati, H. Haryanto SH MM MSi, Jumat (14/9). “Pilkades serentak itu karena masa tugas pejabat lama sudah habis sejak bulan Mei lalu” ujarnya.

Bupati H Haryanto, minta agar bagian Tata Pemerintahan (Tapem) dan para Camat segera melakukan sosialisasi ke desa yang akan menyelenggarakan pilkades. “Dasar hukum penyelenggaraan pilkafes dari Perda Nomor 9 tahun 2018” tambahnya.

Menjawab pertanyaan wartawan, bupati Pati menegaskan lagi, pihaknya akan menganggarkan bantuan Rp. 15.000,- per hak pilih di setiap desanya. Jumlah tersebut untuk membiayai cetak kartu suara, kotak suara, honorarium panitia serta beaya perlengkapan pemilihan lainnya. “Namun jika dalam prakteknya nanti ditemukan kendala yang tidak diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup), maka pihak panpel desa, diijinkan menerima dana dari sumber lain yang sah yakni PADes, calon, serta pihak lain, namun harus tetap di tingkat kewajaran” ujar bupati H Haryanto.

“Ini karena kondisi desa tidak sama. Tergantung dari jumlah penduduknya. Semakin besar jumlah penduduknya, maka bantuan keuangan yang diterima juga semakin bertambah” tuturnya.

Ditanya tentang kondusifitas daerah karena 2018 merupakan tahun politik, bupati Pati mengaku sudah memberi perintah untuk dilakukan pemetaan. “Desa yang dianggap rawan agar segera dilaporkan ke Forkompimda Pati” tegasnya sambil menambahkan, pihaknya sedang menginvetarisir segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pilkades serentak mendatang. (Cuk)

Read previous post:
BOLAVOLI BUPATI CUP 2018 – Polres Tantang Gonteng di Final

  SLEMAN (MERAPI) - Tim Bola Voli Putra Polres menantang Gonteng di partai final Turnamen Bola Voli Bupati Cup II

Close