BAWASLU SLEMAN TEMUKAN RIBUAN DPT BERMASALAH – 1 NIK Terdaftar 45 Nama Berbeda

MERAPI-Atiek Widyastuti H Suasana rakor netralitas ASN dalam Pemilu 2019.
MERAPI-Atiek Widyastuti H
Suasana rakor netralitas ASN dalam Pemilu 2019.

SLEMAN (MERAPI) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman menemukan 9.640 nama bermasalah dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Bahkan ada 1 NIK yang sama tapi dengan nama berbeda yang beralamat di Desa Sumbersari Kecamatan Moyudan. Dari 9.640 DPT bermasalah tersebut satu diantaranya masih berstatus sebagai TNI aktif. Ada juga 88 nama yang sudah meninggal dunia namun masih masuk dalam DPT. Selain itu 6.251 nama memiliki NIK dan tanggal lahir yang sama serta 2.922 nama dengan NIK, tanggal lahir dan alamat sama. Temuan itu berdasarkan hasil penelitian cermatan Bawalsu Sleman dengan Panwascam yang ada 17 kecamatan. Hasil dari temuan langsung diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dilakukan validasi.

“Ini yang cukup mengejutkan. Karena ada 1 NIK yang ternyata dalam DPT terdata dengan 45 nama berbeda,” ujar Ketua Bawaslu Sleman dalam Rakor netralitas ASN dalam Pemilu 2019 yang berlangsung di Hotel Innside by Melia Maguwoharjo Depok Sleman, Rabu (12/9).

Bawalsu menduga munculnya 45 nama dengan NIK sama tersebut terjadi saat proses input data yang dilakukan petugas PPS. Kemungkinan saat input data ke Exel lalu terseret ke bawah. “Karena dalam Sistem Data Pemilih (Sidalih) itu hanya 1 nama saja,” jelasnya.

Sementara itu dari KPU Sleman menyebutkan, jika hanya menerima data DPT ganda dari Bawaslu sebanyak 2.922 nama. Untuk itu, pencermatan dan validasi yang dilakukan KPU Sleman juga sesuai dengan nama yang diserahkan Bawalsu tersebut. “Data yang kami terima dari Bawalsu itu hanya 2.922 nama. Tidak mencapai 9-ribuan. Validasi kami lakukan hanya sesuai dengan surat yang dikirim Bawaslu, yakni 2.922 nama,” jelas Ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi.

Lebih lanjut Ahmad Shidqi memastikan, jika memang terbukti nama itu ganda. Pasti akan langsung dicoret salah satunya. (Awh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Kampung Satwa Wahana Edukasi Satwa Eksotik

MOYUDAN (MERAPI) - Edukasi kepada masyaraat luas tentang keragaman satwa sangat penting, agar faham terhadap berbagai jenis satwa. Termasuk berbagai

Close