Stok Air Bersih Aman, Pelanggan PDAM Tak Perlu Risau

KOKAP (MERAPI) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kulonprogo memastikan, pada musim kemarau ini ketersediaan air bersih untuk para pelanggan masih mencukupi. Demi menjaga stok PDAM, pintu air Waduk Sermo tidak akan dibuka hingga waktu yang belum ditentukan.

Direktur PDAM Tirta Binangun Kulonprogo, Jumantoro menyampaikan, di musim kemarau ini pihaknya hanya membatasi permintaan air yang diambil menggunakan truk tangki untuk keperluan droping air. Sementara persediaan air bersih untuk pelanggan, dipastikan masih mencukupi.

“Para pelanggan tidak perlu khawatir meski saat ini merupakan puncak musim kemarau,” katanya, Selasa (28/8).

Terkait penutupan pintu air Waduk Sermo, dimungkinkan hanya akan dibuka untuk mengaliri area persawahan Kecamatan, Wates, Pengasih, Kokap, Temon dan Lendah jika ada permintaan. Kebijakan pembukaan pintu air, juga harus disertai kesepakatan Komisi Air Kulonprogo.

Kabid Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Hadi Prayitno menyampaikan, kebijakan penutupan pintu air Waduk Sermo sudah sesuai dengan perjanjian sejumlah pihak. Di antaranya, yakni PDAM Tirta Binangun Kulonprogo, Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, Dinas Pertanian dan Pangan, serta DPUPKP Kulonprogo.

Menurut Hadi, hal itu dilakukan demi menjaga keamanan suplai air untuk PDAM yang nantinya bakal digunakan untuk konsumsi warga. Sementara terkait musim kemarau yang mengakibatkan kekeringan, Hadi menyatakan keputusan melalui Komisi Irigasi Kulonprogo itu telah final mengingat air minum menjadi keperluan utama.

“Dalam masa tanam ke III ini, area persawahan tidak memerlukan banyak air karena menanam tanaman palawija. Kemungkinan pintu air kembali dibuka pada Maret mendatang, tergantung kebutuhan petani atau keperluan lainnya,” kata Hadi.

Terkait kemungkinan terjadinya kekeringan di sejumlah wilayah akibat penutupan pintu air Waduk Sermo, akan teratasi dengan datangnya musim penghujan beberapa waktu ke depan. Penutupan juga akan berlanjut saat musim penghujan, agar ada air yang tersimpan. (Unt)

Read previous post:
KOMPETISI PSSI YOGYA – UNY Kontra Miliran Awali Liga 1

  YOGYA (MERAPI) - Pertemuan antara UNY melawan Miliran FC akan mengawali pertandingan Liga 1 kompetisi PSSI Kota Yogya musim

Close