Idul Adha, Penggilingan Bakso Panen

 

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Sunardi sedang menggiling daging menjadi bakso.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Sunardi sedang menggiling daging menjadi bakso.

SLEMAN (MERAPI) – Momentum Idul Adha memberikan keuntungan bagi penyedia jasa pengglingan bakso. Di beberapa penggilingan terdapat antrean yang cukup panjang. Seperti yang terpantau di Pasar Denggung Sleman. Antrean terjadi sejak pukul 05.00 WIB. Sebagian ditinggal oleh warga dan baru diambil lagi siang harinya. Hal ini berimbas pada baiknya omset penggilingan.

Seperti yang diungkapkan Sunardi (42). Pada hari biasa dia hanya menggiling 50 kilogram daging. Namun sekarang bisa mencapai 1,5 kuintal. Jika ditotal selama momentum Iduul Adha, dia bisa membuat hingga 5 kuintal daging.

“Ini mulai datang sejak pukul 05.00 WIB. Biasanya ditinggal, lalu diambil lagi siang. Kalau sampai berapa orangnya kurang tahu. Tapi Kamis kemarin, ada 1,5 kuintal,” ujarnya, Jumat (24/8).

Jasa penggilingan bakso ditempatnya ditekanai tarif Rp 5.000 perkilogram. Selain daging sapi, ada yang menggulingkan daging ayam.

“Biasanya satu kilogram daging tidak sampai 5 menit sudah selesai. Tapi ini ada beberapa daging yang alot dan tercampur lemak, jadinya membuat proses penggilingan lebih lama,” ujar pria yang sudah membuka usaha sejak 18 tahun yang lalu tersebut.

Salah satu warga yang rela antri untuk membuat bakso adalah Atik (52). Warga Tempel tersebut antre sejak pukul 08.00 dan belum dikerjakan. Dia membawa 1,5 kilogram daging sapi untuk dibuat menjadi bakso.

“Kebetulan nanti sore ada arisan. Jadi buat baksonya lebih banyak. Kalau tahun-tahun biasanya hanya 0,5-1 kilogram saja,” urainya. (Awh)

Read previous post:
Minat Warga Tinggi Kembangkan Usaha di Mangunan

DLINGO (MERAPI) - Mengingat pertumbuhan sektor pariwisata, minat warga untuk membeli tanah dan mengembangkan usaha di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo,

Close