Pelaku UMKM Sukoharjo Pamerkan Produk Dalam Gelar Potensi Daerah

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat melihat produk UMKM dalam Gelar Potensi Daerah. (MERAPI-Wahyu Imam Ibadi)
Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat melihat produk UMKM dalam Gelar Potensi Daerah. (MERAPI-Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) – Sebanyak 125 stand satu diantaranya dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia mengikuti Gelar Potensi Daerah Sukoharjo Expo 2018 di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah Sukoharjo 21 – 24 Agustus. Peserta pameran merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Kegiatan dimaksudkan memberikan wadah bagi pengusaha kecil sekaligus membangkitkan kecintaan masyarakat pada produk lokal.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Rabu (22/8) mengatakan, kegiatan secara resmi sudah dibuka pada Selasa (21/8) oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya. Total ada 125 stand yang disediakan panitia semuanya dipakai oleh peserta yang merupakan pelaku UMKM dari Sukoharjo dan daerah lain di Jawa Tengah. Kegiatan tahun ini terasa istimewa dengan adanya peserta pameran dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Peserta pameran memamerkan berbagai produk yang dihasilkan pada masyarakat. Apabila tertarik masyarakat bisa melakukan pemesanan dan transaksi langsung dengan pelaku UMKM.

Pada Gelar Potensi Daerah Sukoharjo kali ini juga menampilkan proses pembuatan atau produksi produk dari pelaku UMKM. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan memahami tentang bagaimana produk dapat dihasilkan.

Salah satu yang dipamerkan yakni tentang proses produksi batik tulis. Para pelaku UMKM memperlihatkan langsung bagaimana batik tulis dibuat dan membutuhkan waktu lama

Gelar Potensi Daerah kali ini juga mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat. Sebab Kementerian Perdagangan juga menjadi peserta kegiatan dengan mengisi stand yang disediakan panitia.

“Produk milik pelaku UMKM yang dipamerkan beragam dari makanan, minuman, kerajinan, mebel, batik dan lainnya,” ujar Sutarmo.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo sengaja mengadakan kegiatan Gelar Potensi Daerah sebagai wadah bagi pelaku UMKM. Sebab keberadaan pameran sangat jarang diadakan dan kalaupun ada tidak semua pelaku UMKM mengikutinya karena berbagai kendala.

Kondisi tersebut membuat pelaku UMKM menjadi sulit berkembang. Fasilitas pameran diharapkan bisa dimanfaatkan pelaku UMKM dengan maksimal. Sebab mereka bisa menggenjot peningkatan penjualan pada pars pengunjung pameran. .

“Banyak produk unggulan asal Sukoharjo perlu diperkenalkan pada masyarakat seperti gelat potensi. Dengan ikut pameran maka produk pelaku UMKM bisa lebih dikenal dan mereka bisa menaikan penjualan,” lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, Gelar Potensi Daerah Sukoharjo Expo 2018 digelar setiap tahun oleh Pemkab Sukoharjo. Kegiatan dimaksudkan sebagai langkah memfasilitasi para pelaku UMKM mendapatkan wadah menggelar hasil produknya untuk ditawarkan pada masyarakat.

Pameran setahun sekali diharapkan bisa dimaksimalkan pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Selain itu juga untuk mengajak masyarakat mencintai produk lokal asli buatan Sukoharjo.

“Kedepan para pelaku UMKM ini selalu punya wadah resmi untuk ikut pameran di tingkat lokal Sukoharjo dan akan difasilitasi ditingkat provinsi dan pusat dalam ikut pameran agar usaha mereka berkembang,” ujarnya. (Mam)

Read previous post:
Lokasi Kebakaran Lawu Tertutup Kabut

KARANGANYAR (MERAPI) - Jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu ditutup akibat kebakaran di areal hutan sekitar pos 4-5. Cuaca kering

Close