Uang Kembalian untuk Kemanusiaan Bisa Didonasikan Lewat Apotek

dr Gideon Hartono dan GBPH Prabukusumo menjalin kerja sama penggalangan donasi kemanusiaan.
dr Gideon Hartono dan GBPH Prabukusumo menjalin kerja sama penggalangan donasi kemanusiaan. (Istimewa)

GONDOMANAN (MERAPI) – Masyarakat dapat menyalurkan donasi kemanusiaan lewat jaringan Apotek K-24. Donasi berupa uang kembalian tersebut akan disalurkan lewat Palang Merah Daerah (PMI) DIY.

Direktur Utama jaringan Apotek K-24, dr Gideon Hartono mengutarakan, donasi tersebut sifatnya sukarela dan tidak ada paksaan. Konsumen dapat mendonasikan uang kembalian yang setiap bulannya akan diserahkan kepada PMI DIY. Jika tidak berkenan, uang kembalian tetap akan diberikan.

“Kami cukup kesulitan menyediakan uang kembalian atau bahasa Jawanya susuk, dalam pecahan kecil seperti Rp 50. Kami kemudian menggagas penggalangan donasi dan ternyata direspons positif oleh PMI DIY,” kata Gideon saat penandatanganan kerja sama dengan PMI DIY di Apotek K-24 Gondomanan, Rabu (15/8).

Donasi tersebut, lanjut Gideon, berbeda dengan konsep toko modern waralaba yang juga mengajak konsumen berdonasi lewat uang kembalian. Menurutnya, fokus donasi ditujukan kepada PMI DIY dan dapat dipertanggungjawabkan karena konsumen mendapat bukti lewat struk pembelian.

Gideon menambahkan, dari 430 jaringan Apotek K-24 di seluruh Indonesia, sebanyak 100 apotek jaringan sudah siap menggalang donasi dan laporannya akan diserahkan mulai September. Tak hanya dari DIY, apotek yang berpartisipasi juga berasal dari luar DIY seperti Jakarta, Palembang hingga Bali.

“Semua donasi disalurkan ke PMI DIY, karena hasil penjajakan yang kami lakukan, hanya PMI DIY yang memberi respons cepat dan positif. Untuk tahap awal, kerja sama ini dilakukan satu tahun dan bisa diperpanjang,” ujarnya.

Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo mengapresiasi penggalangan donasi yang dilakukan lewat uang kembalian. Sebagai bentuk tanggung jawab, PMI DIY nantinya akan membuat laporan balik kepada Apotek K-24 tiap tiga bulan sekali terkait penggunaan donasi tersebut. (Tri)

Read previous post:
Jalan Searah Lempuyangan Masih Dilanggar

DANUREJAN (MERAPI) - Sejumlah kendaraan bermotor yang melintas di Jalan Lempuyangan terjaring operasi oleh tim gabungan Dinas Perhubungan Kota, DIY

Close