Pramuka Bentuk Pemuda Berjiwa Pancasila

SUKOHARJO (MERAPI) – Pramuka menjadi salah satu media perekat pemuda dan membentuk karakter dan berjiwa Pancasila. Hal tersebut disampaikan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat memimpin upacara bendera dalam Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Tahun 2018 di halaman Setda Sukoharjo, Selasa (14/8).

Wardoyo Wijaya mengatakan, jika ditenggok dari sejarahnya sejak lahir gerakan Pramuka ditempatkan sebagai centre of excellent karena perhatian dan dukungan dari pemerintah memberikan dampak positif bagi eksistensi organisasi gerakan Pramuka. Tak terkecuali di Kabupaten Sukoharjo gerakan Pramuka mendapatkan perhatian yang cukup baik dari pemerintah daerah yang ditandai dengan dicanangkannya Kabupaten Sukoharjo sebagai Kabupaten Pramuka.

Untuk mewujudkan obsesi ini diperlukan kerja keras dan dukungan dari semua pihak mulai dari masyarakat, dunia usaha, jajaran Majelis Pembimbing, Andalan Cabang dan Ranting, Gugus Depan, pembina, pelatih dan seluruh anggota Pramuka.

“Tema peringatan Hari Pramuka Ke-57 Tahun 2018 adalah Pramuka Perekat NKRI,” ujarnya.

Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat NKRI. Sejak awal Pramuka terus sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat NKRI. Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat umum di semua daerah.

Salah satu kegiatan dalam Pramuka yakni perkemahan dianggap sebagai metode paling efektif untuk menyatukan anak anak muda. Di bumi perkemahan segala perbedaan menjadi kekuatan dan anak anak muda belajar tentang Indonesia dengan segala kebhinekaanya.

“Pramuka adalah perekat NKRI melalui kegiatan kegiatan luar ruangan yang menyenangkan,” lanjutnya.

Tujuan dari kegiatan Pramuka itu sendiri sangatlah mulia yaitu mendidik generasi muda jaman sekarang. Sehingga diharapkan melalui kegiatan kegiatan tersebut akan diperoleh anggota Pramuka yang berkarakter dan budi pekerti luhur.

“Pada gilirannya Pramuka akan menjadi manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh pada NKRI serta bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara,” lanjutnya. (Mam)

Read previous post:
MERAPI-BAGUS S AKBP Arief Bahtiar menunjukkan barang bukti upal dan tersangka
IBU RUMAH TANGGA DITANGKAP-Upal 10 Juta Dijual Rp 5 Juta

KEBUMEN (MERAPI) - Ny SR (61) ibu rumah tangga warga Campursari Bulu Temanggung, diamankan ketika hendak melakukan transaksi jual uang

Close